Bappenas Akui Pemindahan Ibu Kota Tunggu Keputusan Politis

Ilustrasi/Monumen Nasional
Sumber :
  • http://www.yandanesia.blogspot.com/

VIVA – Rencana dan konsep pemindahan Ibu Kota sejak akhir 2017 lalu, disampaikan kepada Presiden Joko Widodo oleh Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Namun, rencana ini belum menjadi prioritas pemerintah dalam pembangunan ke depan.

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan dari Presiden. Dia mengakui, kajian pemindahan Ibu Kota sudah ada, namun masih akan diperdalam lagi.

"Kalau menurut pernyataan menteri, menunggu keputusan politis. Saya enggak tahu, tetapi pak menteri sudah sampaikan ke Presiden (rencana pemindahan Ibu kota)," ujar Rudy, ditemui usai rapat di Badan Anggaran DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 2 Juli 2018.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Ia pun mengakui, kajian yang dilaporkan ke Presiden itu masih kajian awal, sehingga kajian akan dilakukan lebih dalam lagi.

"Itu kan dari sisi sosial ekonomi dan macam-macam, nanti lebih didalami lagi. Pokoknya, nanti akan ada follow up. Tetapi, masih menunggu keputusan politik seperti yang pak menteri bilang," ujarnya.

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

Sementara itu, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Wismana Adi Suryabrata mengaku hingga saat ini, pemindahan Ibu Kota belum masuk dalam prioritas di tahun 2019.

"Kayaknya belum (prioritas)," ucapnya di tempat yang sama.

Menurutnya, itu merupakan ranah Deputi Regional yang akan membuat konsepnya. Pihaknya hanya mendukung apa yang menjadi rencana pengembangan wilayah tersebut.

"Kalau saya ini, infrastruktur itu sebetulnya mendukung apa yang menjadi pengembangan wilayahnya saja," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya