Divestasi Saham Freeport Ditargetkan Rampung Sebelum 31 Juli 2018

Wilayah pertambangan terbuka Freeport di Timika, Papua.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA – Pemerintah menargetkan penyelesaian proses divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia, sebelum perpanjangan baru Izin Usaha Pertambangan Khusus atau IUPK yang ditentukan hingga 31 Juli mendatang.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bambang Gatot mengatakan, perpanjangan IUPK yang hanya satu bulan dari yang biasanya selama empat sampai enam bulan. Merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk menekan percepatan penyelesaian negosiasi divestasi.

"Pertimbangannya, tentu melihat situasi bahwa semua itu sudah dekati final, sehingga kami berharap harus selesai sebulan. Ini mem-presure pemerintah dan Freeport sendiri harus selesai satu bulan," ucapnya, saat ditemui di kantornya, Rabu 4 Juli 2018.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Hingga saat ini, menurut Bambang, proses divestasi masih terus berjalan dan sudah tahap finalisasi. Namun, bila sampai batas waktu yang ditentukan divestasi belum juga menemui titik akhir, pemerintah belum menentukan langkah lanjutan.

"Masalahnya ini bukan Freeport melanggar atau enggak, tetapi pembicaraan ini yang belum selesai. Bagaimana kalau belum selesai. Kami lihat nanti. Mohon doanya restunya," ucap dia.

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Selain itu, Bambang juga menegaskan, melalui perpanjangan IUPK saat ini pada dasarnya pemerintah juga ingin memfokuskan penyelesaian persoalan lingkungan antara PT Freeport, PT Inalum, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Iya, jadi penyelesaian pembicaraan Inalum dan Freeport, menyangkut beberapa aspek kan ya. Masalah divestasi, kelanjutan operasional seperti apa," tambahnya. (asp)

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024