Pertamina Jamin Premium Tak Langka Setelah Pertamax Cs Naik

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati (kedua kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati mengungkapkan, kenaikan harga bahan bakar minyak non-subsidi yang telah dilakukannya beberapa hari lalu tidak berdampak pada ketersediaan Premium. Menurutnya, kenaikan harga dilakukan setelah memastikan distribusi Premium di Jawa dan Bali terpenuhi.

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

Menurutnya, itu telah dilakukan perseroan untuk menghindari kelangkaan Premium saat kebijakan menaikkan BBM non-subsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex dilakukan.

"Premium kita penuhi dulu di Jawa, Bali, sebelum kita menaikkan harga Pertamax. Jadi menghindari kelangkaan," katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

Dia juga mengungkapkan, atas dasar itu, saat ini Premium tidak mengalami kelangkaan. Ketersediaan telah disesuaikan dengan kuota yang telah diberikan BPH Migas.

"Kami menyesuaikan dengan kuota yang diberikan BPH Migas. Setiap saat kita monitor tidak ada kelangkaan, jadi tidak ada pengaruh. Jadi kita jamin tidak ada kelangkaan buat itu," katanya.

Diuji di Dunia Nyata, Mobil Listrik Neta V Hematnya Luar Biasa

Selain itu, Nicke menambahkan, kenaikan harga BBM non-subsidi yang telah dilakukannya pada dasarnya tidak akan memberatkan masyarakat, karena segmen pasar pembeli jenis bahan bakar tersebut lebih tergolong mampu dibanding para pengguna BBM subsidi seperti Premium.

"Kalau kita lihat pasar atau segmen pasar peta series ini kan berbeda karena kan ini masalah kualitas. Kalau misalnya masalah kualitas kan terhadap kualitas kendaraan ujung-ujungnya ke efisiensi sendiri. Kan tentunya ini pilihan bagi pelanggan untuk memilih ke kualitas," katanya.

Aktivitas pengisian BBM di SPBU, Kota Medan.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mencatat konsumsi BBM di masa mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengalami peningkatan hingga 42 persen.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024