Heboh, 1 Juli Harga BBM Orang Kaya Naik

SPBU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Akun Twitter resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melontarkan sebuah cuitan dengan hastag #BBMRakyatTidakNaik. Hastag itu sempat menjadi trending topic dalam beberapa waktu di lini masa Twitter.

Simak Daftar Harga BBM Shell, BP, dan Vivo Per 1 Maret 2024, Ada yang Naik

"Sobat Energi, harga BBM untuk rakyat luas tidak naik, faktanya 86 persen BBM yang dikonsumsi rakyat Indonesia adalah jenis premium, solar, minyak tanah dan pertalite yang harganya tetap (data realisasi BBM tahun 2017) #BBMRakyatTidakNaik," tulis akun Kementerian sembari memosting infografis seperti dikutip VIVA, Rabu 4 Juli 2018..

Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi M Djuraid melalui akun pribadinya  turut menyampaikan komentar sembari mere-tweet ulang gambar yang diposting akun resmi Kementerian ESDM.

PBBKB di DKI Naik, Pertamina Konfirmasi Harga Pertamax cs Bisa Ikut Naik

"BBM naik per 1 Juli? Ini Faktanya," ucap Hadi.

Namun postingan tersebut ternyata menimbulkan berbagai pro kontra dari warganet. Ada yang setuju bahwa harga BBM untuk rakyat kecil tidak naik adapula yang komentar sinis dan menolak hal tersebut.

Harga BBM di DKI Bisa Naik Akibat Pajak Bahan Bakar, Pengamat Ungkap Dampak Buruknya

Salah satunya adalah akun @SophiaNerissa yang cukup keras mengkritik postingan tersebut. "Nemu HT #BBMRakyatTidakNaik bodoh banget yang bikin. Emang yang pakai Pertalite Pertamax bukan rakyat?,“ tulisnya.

Sementara itu, akun @Generasi_MudaNU justru langsung menyebut akun Twitter Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, @fadlizon yang pernah melontarkan cuitan bahwa BBM enam bulan terakhir naik lima kali.

"Yang naik itu BBM untuk orang kayah pak @fadlizon, masa sekelas bapak ngeluh BBM naik sih? Apa tidak malu sama rakyat biasa?," tulis akun tersebut.

Dalam postingan infografis Kementerian ESDM, disebutkan bahwa konsumsi BBM mayoritas rakyat mempunyai persentase sebesar 86 persen yaitu di antaranya Premium, Solar, Minyak Tanah dan Pertalite. Sedangkan harga BBM untuk orang kaya yang naik, persentase konsumsinya sekitar 14 persen yaitu untuk BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya