Benahi Danau Toba, Kemenhub Bangun Pelabuhan dan Kapal Besar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Insiden Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, Senin 18 Juni 2018, membuat pemerintah gencar melakukan penataan. Salah satunya adalah membangun lima pelabuhan di danau terbesar di Asia Tenggara itu.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

"Ada lima pelabuhan yang menjadi fokus utama, yaitu Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajbata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita, dan Pelabuhan Simanindo," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada wartawan, usai menghadiri Dialog Nasional Indonesia Maju, Kamis siang, 5 Juli 2018.

Budi mengungkapkan, untuk semua operator atau pengusaha perorangan Kapal Motor Penyeberangan akan mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dengan mengutamakan keselamatan.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

"Pasti, Salah satu bagiannya adalah, bagaimana kita mendapat sarana yang bagus, kita menetapkan standar yang sesuai dengan ketentuan, sehingga tidak dijumpai lagi kapal yang tidak memenuhi standar," tegas Budi.

Kemudian, untuk mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisatawan Internasional. Kementerian Perhubungan tengah melakukan pembangunan enam unit kapal sebagai kapal wisata bahari di Danau Toba itu.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

"Kami sekarang bangun lima Pelabuhan bagus-bagus dan enam Kapal. Kapal dengan kapasitas lebih besar dari yang sudah ada ini. Saya hari ini, juga akan berjumpa dengan keluarga korban di Tigaras," ucap Budi.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022