Kementerian ESDM Ungkap Faktor Masih Loyonya Investasi Hulu Migas

Ilustrasi kilang minyak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Realisasi investasi hulu minyak dan gas bumi pada semester I 2018, tercatat sebesar US$3,9 miliar. Angka ini baru mencapai 27 persen dari target yang ditetapkan hingga akhir 2018, sebesar US$14,2 miliar dalam target rencana kerja dan anggaran (WP&B).

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto menjelaskan, alasan yang menyebabkan investasi hulu migas masih rendah. Karena, realisasi investasi harus melewati berbagai proses studi dan izin terlebih dahulu. 

"Karena project itu studi dulu, perizinan dulu, dan sebagainya. Jadi, enam bulan itu masih proses itu. Investasi baru sedikit itu, Jadi, tengah-tengah masih rendah. Jadi, tingginya di atas akhir tahun," kata Djoko di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 11 Juli 2018. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Djoko meyakini investasi hulu migas pada akhir tahun akan melonjak cukup baik. Ia mengibaratkan, investasi itu akan melonjak pada akhir tahun seperti kurva S. 

"Biasanya, investasi itu akan terjadi maksimal pada akhir tahun. Ini kan baru laporan semester I, ini kurva S. Pada enam bulan pertama dia masih kecil, nanti puncak investasi pada akhir tahun pasti nanti meningkat," ucapnya. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Dia juga mengakui target sampai akhir tahun bisa saja tidak tercapai. Namun, pemerintah masih optimistis investasi di sektor tersebut bisa meningkat. 

"Ya enggak apa-apa (kalau tidak capai target), tetapi kan meningkat. Kalau semua seusai target, hebat dong. Namanya juga rencana ada yang tercapai ada yang enggak. Yang penting ada positif progresnya, naik terus," tuturnya.

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023