Tips Agar Tak Malas Kerja dari Rumah

Ilustrasi bekerja di rumah.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeonghwaryu0

VIVA – Bekerja dari rumah, kini merupakan hal yang lumrah dilakukan, dan tak sedikit yang menjalankan bisnisnya sambil mengurus rumah. Tampaknya memang enak, bisa bekerja di rumah sendiri tanpa harus kena macet saat berangkat atau pun pulang kerja. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Memang, kelihatannya bekerja dari rumah itu sangat mudah. Tetapi, sebetulnya tak semudah yang dibayangkan. Di mana pun tempatnya, bekerja memiliki tantangannya sendiri, begitu pun ketika memutuskan bekerja di rumah.

Jadi, jangan anggap remeh pekerjaan yang dilakukan dari rumah. Sebab, terkadang bekerja dari rumah, justru tantangan terbesarnya adalah munculnya rasa malas hingga tak lagi produktif. 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut, tips agar tak malas dan tetap produktif saat bekerja dari rumah, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buat jadwal kerja rutin sama seperti di kantor

WFH, 10 Tips Produktif Kerja dari Rumah Selama Wabah Corona

Meski bekerja di rumah, bukan berarti Anda bisa bekerja semaunya dengan menunda-nunda, karena rasa malas yang menyerang. Memang betul, rumah adalah tempat yang tepat untuk bersantai. 

Tetapi, jika rumah sudah dijadikan sebagai tempat untuk mengerjakan pekerjaan, buang jauh-jauh pikiran untuk bersantai dan bermalas-malasan. Nah, salah satu cara untuk mengusir rasa malas dan meningkatkan produktivitas di rumah, cobalah buat jadwal kerja yang teratur, sama seperti jam kerja di kantor. 

Atur jadwal yang rutin, mulai dari waktu bangun pagi, merapikan isi rumah, dan kegiatan pagi lainnya, lalu mulai mengerjakan pekerjaan seperti waktu yang sudah dijadwalkan. 

Misalnya dimulai dari jam 09.00 lalu selelsai di jam 16.00 sore. Saat siang, ada jeda istirahat, maka beristirahatlah sejenak, atau pergi ke luar rumah sebentar. Anda juga bisa pergi ke tempat makan favorit atau taman untuk sekedar menikmati udara segar dan bertegur sapa dengan orang sekitar agar tak jenuh di rumah seharian.

2. Membatasi waktu kerja

Bekerja di rumah sendiri terkadang membuat seseorang jadi lupa waktu, lupa untuk istirahat, lupa bersosialisasi, hingga lupa makan. Nah, untuk itu penting untuk membatasi diri ketika bekerja. Anda tak perlu sepanjang hari berada di depan laptop atau komputer. 

Jika tidak, ini bisa memperburuk kondisi tubuh. Inilah mengapa membuat jadwal kerja teratur sangat penting meski bekerja di rumah. Maka bekerjalah sesuai jadwal yang sebelumnya sudah Anda buat, terlebih soal waktu untuk istirahat. 

Anda pun harus disiplin menjalankan jadwal, agar tubuh dan pikiran tidak merasa tertekan hingga merasa seolah ada di dalam penjara.

3. Buat ruangan khusus kerja

Agar semakin produktif saat bekerja dari rumah, ada baiknya untuk membuat satu ruangan yang dikhususkan untuk bekerja. Jika ada kamar kosong tak terpakai, Anda dapat mengubahnya seperti ruang kantor lengkap dengan peralatan pendukungnya.

Atur dekorasi ruangan dan tata sedemikian rupa, agar tampak menarik dan nyaman, sehingga menambah semangat ketika bekerja. Anda juga bisa memfungsikan perabot di rumah dengan maksimal seperti meja dan kursi yang ada tanpa harus membeli lagi yang baru.

4. Memakai pakaian yang rapi, bukan baju tidur

Saat di rumah, meski tak akan bertemu banyak orang, tetapi bukan berarti Anda harus tampil asal-asalan dengan hanya memakai baju tidur saja. Tak ada yang melarang memang, tetapi jika pakaian tersebut yang Anda pakai, yakinlah pasti bawaannya ingin tidur saja dan tidak bersemangat untuk kerja.

Sebab, disadari ataupun tidak, pakaian juga memengaruhi semangat kerja. Jadi, tak ada salahnya berpakaian rapi dan berdandan saat di rumah. Karena, hal tersebut bisa turut membangkitkan semangat bekerja dan jadi lebih produktif.

5. Luangkan waktu untuk kongko-kongko

Beraktivitas di rumah sepanjang hari mulai pagi hingga malam terkadang memunculkan rasa bosan dan jenuh. Agar tak terasa monoton rutinitas tiap hari, cobalah sekali-kali untuk pergi bersama teman-teman. 

Dengan demikian, Anda tetap punya kehidupan sosial. Tentukan tempat kongko-kongko seru yang ingin dikunjungi, bisa nonton di bioskop atau di cafe favorit.  

6. Jangan lupa berikan rewards untuk diri sendiri

Saat Anda mampu bekerja lebih produktif dan melampaui target, jangan lupa berikan bonus atas kerja keras yang telah dilakukan.

Bentuk penghargaan atau rewards diri ini bermacam sesuai selera, bisa pergi shopping atau makan di resto kesukaan di akhir pekan saat pekerjaan tak terlalu menumpuk. Anda bisa pergi untuk refleksi badan untuk mengusir capek dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Rumah juga bisa jadi tempat kerja yang mengasyikan

Bekerja di manapun, tantangan dan tekanannya sama beratnya. Begitu pun ketika bekerja di rumah, juga tak berbeda ketika di kantor saat melakukan aktivitas pekerjaan. Tapi bedanya, jika di rumah, tantangan yang paling besar ada pada diri sendiri. 

Rumah identik sebagai tempat untuk beristirahat. Jadi, rasa malas terkadang sering kali muncul mengganggu. Kuncinya ialah tetap semangat dan fokus pada pekerjaan, karena rumah pun juga bisa menjadi tempat yang mengasyikan untuk bekerja. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya