Biaya Transportasi, Alasan Harga Telur di Makassar Melonjak

Peternakan ayam petelur kawasan Cilodong, Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Harga telur di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sepekan terakhir mengalami lonjakan cukup signifikan. Harga telur di Pasar Tradisional Induk Terong Makassar mencapai Rp47 ribu per rak. Padahal sebelumnya di kisaran Rp42 ribu per rak.

Desak Pemerintah Atasi Lonjakan Harga Telur, Puan: Kita Tak Boleh Tinggal Diam

Selain telur ayam ras, harga telur ayam kampung juga mengalami peningkatan harga. Per butir telur ayam kampung mencapai Rp1.700, dari harga biasa yang dipasarkan berkisar Rp1.200.

Pemerintah Kota Makassar menyebut penyebab kenaikan harga telur di pasar karena biaya tambahan dalam hal distribusi telur ke pasar. Selain itu, faktor lain karena kurangnya stok, sementara permintaan meningkat.

Harga Telur Ayam Sentuh Rp 40 Ribu Per Kg, DPP Ikappi Desak Pemerintah Cari Solusi

"Pedagang juga bilang belinya mahal, belum lagi ada uang transportasinya, jadi jualnya mahal juga. Pasokan itu juga agak kurang, sementara permintaan banyak," kata Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kota Makassar, Sri Rejeki, pada Kamis, 19 Juli 2018.

Berdasarkan hasil pantauan Dinas Perdagangan Kota Makassar, dari 10 pasar tradisional per 19 Juli 2018, harga telur ayam ras tertinggi di Pasar Baru dan Pasar Sawa, yakni Rp50.000 per rak dan termurah di Pasar Pannampu yakni Rp42 ribu per rak. Harga rata-rata telur ayam ras Rp46.700 per rak.

Daftar Harga Pangan 17 Maret 2023: Telur Ayam Hingga Cabai Rawit Terus Melambung

Harga telur ayam kampung melonjak tinggi di Pasar Sambung Jawa, yakni Rp3.000 per butir, kemudian di Pasar Baru harga telur ayam ras Rp2.500 per butir, dan rata-rata harga telur ayam kampung Rp2.100 per butir. (ase)

Ilustrasi telur ayam

Harga Telur Merangkak Naik, Kemendag Siapkan Opsi Intervensi Harga atau Bantuan Pakan Jagung

Kemendag tidak membantah bahwa harga telur di pasaran saat ini terus merangkak naik, melampaui harga yang ditetapkan sesuai harga acuan pembelian (HAP) Rp 27.000 per kg.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023