Alasan Menko Darmin Prediksi Ekonomi RI Kuartal II Tumbuh 5,3%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018, lebih baik ketimbang kuartal I 2018. Diperkirakannya, pertumbuhan ekonomi kuartal II akan berada di kisaran 5,2 persen hingga 5,3 persen.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

Pertumbuhan di sektor pertanian hingga perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) disebut menjadi pemicunya.

Ia pun menguraikan, panen raya di sektor pertanian yang biasanya terjadi di kuartal I itu, ternyata justru terjadi di kuartal II pada tahun ini.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

"Tadinya (panen raya) Februari, Maret. Tahun ini ke April dan Mei. Dan, itu akan mendorong pertumbuhan kuartal II relatif lebih tinggi," kata Darmin di kantornya, Rabu 25 Juli 2018.

Selain itu, lanjut dia, perhelatan Pilkada yang digelar belum lama ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal II, lantaran ada beberapa konsumsi masyarakat yang meningkat. Dua fenomena itulah yang menurutnya mendorong pertumbuhan kuartal II lebih tinggi dibanding kuartal I.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

"Jadi, kalau ditanya berapa kira-kira. Saya perkiraannya antara 5,2 dan 5,3. Antara itu, ya tingginya 5,3 rendahnya 5,2," tegas Darmin.

Ia pun memprediksi konsumsi pada kuartal II 2018 bisa menembus melewati angka lima persen. Hal itu tercermin dari membaiknya sektor ritel.

"Sebetulnya ritel sudah membaik kalau berbagai indikator dilihat, tadinya kan 4,95 persen (konsumsi). Rasanya bisa masuk ke lima persen, karena ada Lebaran di kuartal II kan itu semua. Itu akan mendorong belanja orang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya