Jokowi Minta Polisi Tak Asal Tangkap Penimbun Komoditas

Presiden Joko Widodo (kiri) berdialog dengan pedagang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta Kepolisian tidak asal menangkap masyarakat yang diduga melakukan tindakan kriminal dengan menimbun stok komoditas pangan.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Penimbunan yang dilakukan saat laju inflasi stabil, justru akan berkontribusi juga terhadap stabilnya distribusi komoditas-komoditas itu dalam waktu yang lebih lama.

"Kapolres-kapolres juga jangan represif. Tetap ikuti mekanisme pasar. Artinya, kalau inflasi di sebuah daerah itu stabil, tetapi orang menimbun barang, enggak ada masalah," ujar Jokowi dalam rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis 26 Juli 2018.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Menurut Jokowi, aparat keamanan harus jeli melihat tindakan penimbunan yang memberi efek negatif terhadap harga komoditas di pasaran.

Penimbunan seperti itu memiliki ciri sengaja dilakukan mafia pangan untuk membuat stok menjadi langka di pasaran. Para mafia mengharapkan untung melimpah saat menjadi penguasa peredaran stok itu.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

"Biarkan mekanisme pasar. Tetapi, kalau ada yang merusak dengan cara menimbun saat inflasi naik, membuat harga naik, itu yang harus dikejar," ujar Jokowi.

Peternak memanen telur ayam di kandang miliknya di desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 9 Maret 2019.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Harga komoditas pangan mayoritas terpantau rata-rata mengalami penurunan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024