Asian Games 2018 Momen PKL Cari Untung dan Go International

Sentra Pedagang Kaki Lima PKL Lenggang Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Asian Games 2018 diharapkan dapat memberi dampak positif bagi ekonomi Indonesia. Tak terkecuali bagi ekonomi rakyat kecil seperti pedagang kaki lima.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Ali Mahsun mengatakan, Asian Games bisa menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dan juga para pengusaha termasuk pedagang kaki lima.

"Dari sisi ekonomi, tentunya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar yang harus mampu dimaksimalkan oleh pengusaha Indonesia, tidak terkecuali oleh PKL dan pelaku ekonomi rakyat kecil Indonesia," ujarnya kepada VIVA, Senin 30 Juli 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Menurutnya, Asian Games 2018 bisa jadi momentum produk Indonesia untuk go international. Ajang tersebut harus dapat dimaksimalkan sebagai lokomotif kebangkitan ekonomi Indonesia.

Namun, dia menegaskan, potensi itu akan maksimal jika para pelaku usaha bisa mengeksekusi potensi ekonomi dan keuntungan yang ada dari gelaran tersebut.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Hal tersebut akan jadi kenyataan tatkala segenap elemen kekuatan ekonomi rakyat mampu mengeksekusi potensi ekonomi yang sangat besar dari perhelatan Asian Games 2018," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 membawa dampak ekonomi langsung dan tidak langsung bagi masyarakat Indonesia.

Beberapa dampak signifikan yang mulai terasa, antara lain peningkatan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi di kota-kota tempat pelaksanaan Asian Games, maupun bertambahnya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Menurutnya, Asian Games tahun 1962 menyisakan bukti sejarah bagi Indonesia seperti keberadaan kompleks olahraga di Senayan, termasuk televisi nasional TVRI.

"Dari sisi ekonomi, ada peningkatan kesempatan kerja. Pasti ada dampak kesempatan kerja, usaha dan promosi untuk di Jakarta dan Palembang. Tentunya ada penciptaan nilai tambah ekonomi," kata Bambang, Minggu 29 Juli 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya