Beli Tiket Kereta Bandara Kualanamu Kini Nontunai

Transaksi non-tunai di stasiun besar Medan.
Sumber :
  • Putra Nasution/VIVA.co.id

VIVA – PT Railink Indonesia menerapkan transaksi nontunai pada kereta api Bandara Internasional Kualanamu dengan Airport Railway Ticketing System (ARTS). Transaksi nontunai dilakukan sejak hari ini, Rabu 1 Agustus 2018.

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

"Mulai hari ini, kami terapkan sistem baru seperti Railink, ini kami bangun sesuai dengan kebutuhan kami dan masyarakat," kata Direktur Operasi dan Teknik Railink, Porwanto HN di Stasiun Besar Medan, pagi ini.

Porwanto menjelaskan, ARTS merupakan sistem ticketing yang dibangun sendiri oleh Railink dengan mengadopsi teknologi terkini yang memiliki tiga nilai inovatif, seperti tanpa menggunakan uang tunai atau cashless, manless atau tanpa memerlukan petugas loket dan every where.

Anti Ribet, 78 Persen Gen Z Pilih Pembayaran Non-tunai

"Prinsip transaksinya cashless. Tidak perlu membawa uang cukup besar. Uang yang lain, cukup untuk membeli makanan dan minum saja. Untuk lain, dilakukan transaksi nontunai," jelas Porwanto.

Dengan sistem nontunai ini, Railink meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya kepada masyarakat yang hendak bepergian ke dan dari Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Pandemi Ubah Kebiasaan Masyarakat Bawa Uang Tunai

"Untuk sosialisasi sudah kami lakukan satu bulan yang lalu. Sehingga pelanggan kami, transaksi sudah kami sampaikan, bulan Agustus ini kami beralih ARTS dengan sistem tiket 100 persen cashless. Jadinya, semua transaksi kami arahkan ke tiket mesin," tutur Porwanto.

Railink melayani kereta api bandara dari Stasiun Besar Medan ke Bandara Kualanamu dan sebaliknya. Untuk per hari, kereta api bandara melakukan sebanyak 40 kali perjalanan pulang-pergi.

DIGI Goes to School yang digagas oleh bank bjb

Dorong Cashless Society, bank bjb DIGI Goes to School Hadir di SMK Negeri 1 Cirebon

Program DIGI Goes to School yang digagas oleh bank bjb disambut antusias berbagai sekolah. Setelah sebelumnya dilaksanakan di SMKN 4 Bogor pada tanggal 30 Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024