Diisukan Jadi Dirut Pertamina Definitif, Nicke Menghadap Jokowi

Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati
Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pelaksana tugas atau Plt. Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati di luar agenda resmi Kepresidenan, menghadap Presiden Joko Widodo, Kamis 2 Agustus 2018.

Nicke awalnya mengaku, bersama Presiden Jokowi membahas terkait pengembangan kilang di Balikpapan dan Tuban Jawa Timur. "Minta dijalankan sesuai rencana," kata Nicke, di Istana Negara, Jakarta. Target kedua kilang itu adalah tahun 2018 ini.

Menurut Nicke, hanya membahas masalah tersebut. Begitu juga ketika disinggung apakah membahas masalah blok Rokan, ia mengaku tidak. Termasuk soal apakah ia membicarakan posisi Dirut Pertamina definitif, Nicke hanya mengaku tidak mengetahui. "Enggak tahu," katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, setidaknya ada tiga nama yang telah diajukan kepada Presiden Joko Widodo sebagai calon direktur utama PT Pertamina definitif.

"Minimal tiga nama. Selalu kalau diajukan ke Presiden minimal tiga nama," kata Harry di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Kamis 2 Agustus 2018.

Meski begitu, dia enggan membeberkan nama yang diajukan ke Presiden. Ia hanya menegaskan setelah ada arahan dari presiden, PT Pertamina dan pemegang saham yaitu Kementerian BUMN akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Masih di presiden (kandidatnya). Kalau udah (selesai) di presiden nanti kita buat RUPS-nya," katanya.