BPJS Kesehatan Sebut Tak Perlu Pemerintah Atasi Defisit

Dirut BPJS Kesehatan, Fahmi Idris, memberi keterangan pers
Sumber :
  • Sekretariat Kabinet

VIVA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengaku tidak akan mengandalkan pemerintah untuk menutup defisit anggaran yang dialami saat ini. Sumber-sumber pendanaan lain akan dimaksimalkan. 

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Menurut Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, rapat akan digelar bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, Kamis, 9 Agustus 2018, guna menentukan sumber pembiayaan BPJS Kesehatan.

"Kami tidak perlu pemerintah, kami carilah dari mana menutup (defisit) pembiayaan itu," ujar Fahmi usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin 6 Agustus 2018.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Fahmi menyampaikan, Kementerian Koordinator PMK dan BPJS Kesehatan akan sama-sama mencari solusi terhadap masalah besaran iuran, serta manfaat-manfaat yang bisa didapat masyarakat dari layanan. Jokowi telah berpesan supaya pelayanan masyarakat tidak terganggu sedikit pun, meski defisit yang dialami telah mencapai triliunan rupiah.

"Kami terus berupaya agar pelayanan tidak berhenti," ujar Fahmi.

Transformasi Digital Dinilai Memuaskan, BPJS Kesehatan Dianugerahi Penghargaan Istimewa

Defisit BPJS Kesehatan pada tahun ini diperkirakan Rp11,2 triliun, atau meningkat dari 2017 sebesar Rp9,75 triliun. Sejumlah penyesuaian telah dilakukan BPJS Kesehatan, seperti perubahan terhadap tiga manfaat yang diterima masyarakat. Opsi kenaikan iuran juga sempat dikaji.

Strategi BPJS Kesehatan dalam mencapai UHC Program JKN di Indonesia

Di Universitas Harvard, Dirut BPJS Kesehatan Ungkap Jurus Capai UHC dalam 10 Tahun

Direktur Utama BPJS Kesehatan mengungkapkan strategi BPJS Kesehatan dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024