Kata Jokowi Soal Kedaulatan RI Jaga Sumber Daya Alam

Pidato Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan dalam melakukan berbagai lompatan kemajuan bangsa dibutuhkan keberanian. Selain itu, ketegasan mengambil keputusan terbaik penting dilakukan untuk jaga kepentingan rakyat.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Menurut dia, dua hal itu harus dilakukan khususnya dalam menjaga kekayaan alam, sehingga Indonesia berdaulat atas sumber daya alamnya sendiri. Seperti, kedaulatan maritim, migas hingga pertambangan.

"Kedaulatan maritim, mulai dari laut, teluk, sampai dengan samudera terus kita jaga. Kita tidak main-main dengan aksi pencurian ikan yang dulu sering terjadi di perairan kita," jelas Jokowi dalam sidang tahunan DPR/DPD dalam rangka HUT RI ke-73, Kamis 16 Agustus 2018.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Tak sampai di situ, Jokowi mengungkapkan keberanian dan ketegasan dalam mengambil keputusan juga diwujudkan negara dalam sektor migas seperti mengambil alih blok-blok migas dari tangan asing.   

"Setelah beberapa dekade berada di tangan pihak lain, Blok Migas Mahakam, Blok Migas Sanga-Sanga, Blok Migas Rokan, dan mayoritas saham Freeport kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi," ujarnya.

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO
Pertamina dan Eni teken kerja sama hulu migas di Indonesia dan mancanegara [dok. PT Pertamina (Persero)]

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Direksi PT Pertamina (Persero) bersama Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke Belanda guna menghadiri penandatanganan MoU Pertamina dan Eni

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024