Pemerintah Targetkan Pembiayaan Utang Rp359,3 Triliun

Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2018
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Pemerintah telah menargetkan pembiayaan utang dalam APBN 2019 akan sebesar Rp359,3 triliun, atau lebih rendah dari proyeksi pembiayaan pada 2018 yang dipatok sebesar Rp387,4 triliun.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Arah kebijakan pembiayaan utang pun dikatakan pemerintah utamanya akan dilakukan secara hati-hati dengan menjaga rasio utang terhadap  PDB dalam batas yang dan diupayakan  menurun secara bertahap dalam jangka menengah.

"Pembiayaan APBN tahun 2019 akan dilaksanakan secara akuntabel. Defisit anggaran dan rasio utang terhadap PDB akan tetap dikendalikan dalam batas aman, sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara," kata Presiden Joko Widodo dalam pidato penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBM N 2019 dan nota keuangannya, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Pembiayan utang pemerintah tersebut akan bersumber dari penerbitan Surat Berharga Negara atau SBN sebesar Rp386,2 triliun dan pinjaman sebesar sebesar Rp26,9 triliun.

"Pengelolaan utang lebih berhati-hati untuk mengurangi risiko dan biaya, serta mengarahkan penggunaannya secara lebih produktif untuk program pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perlindungan sosial, serta pembangunan daerah," tutur Jokowi.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Selain berhati-hati, arah kebijakan pemerintah untuk pembiyaan utang juga dikatakan akan mendorong pemanfaatan utang untuk kegiatan produktif melalui pembiayaan investasi dalam rangka mengakselerasi pembangunan infrastruktur.

Kemudian, mendorong efisiensi biaya utang pada tingkat risiko yang terkendali dan mendukung kesinambungan fiskal, serta mendorong efisiensi biaya utang pada tingkat risiko yang terkendali dan mendukung kesinambungan fiskal.

Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024