Negosiasi Perang Dagang dengan China, Trump Tak Berharap Banyak

Presiden AS Donald Trump
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akan bertemu dengan pemimpin China di Washington pekan ini. Pertemuan akan membahas kisruh perang dagang antara kedua negara yang saat ini bikin ekonomi global bergejolak. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Meski demikian, dilansir dari Reuters, Selasa 21 Agustus 2018, Trump mengaku tidak berharap banyak dari pertemuan tersebut. Sebab, dia memberi sinyal bahwa tidak ada celah negosiasi dari kebijakan proteksionisme yang kini diterapkan. 

"Kami tidak memiliki kerangka waktu (Negosiasi). Aku (Trump) pun sama seperti mereka (China), punya pandangan yang luas (mengenai hal ini)," ujar Trump

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Pertemuan AS-China minggu ini, akan membahas mengenai berlakunya pengenaan tarif baru produk China di AS yang senilai US$16 miliar. Dalam waktu yang sama, China pun memberlakukan tarif baru dengan jumlah yang sama. 

Kantor perwakilan perdagangan AS, juga mengadakan jajak pendapat pada pekan ini. Topik yang dibahas mengenai proposal untuk mengenakan tarif baru itu yang akan diberlakukan untuk lebih banyak produk China di AS, yaitu mencapai US$200 miliar. 

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal

Trump pun tidak berharap banyak dari jajak pendapat tersebut. Dan, meyakini kebijakan itu kan dilakukan sesuai yang direncanakan. (asp)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022