Angkasa Pura II Mulai Pakai Robot Beri Informasi ke Calon Penumpang

Robot Dilo di Bandara Soetta.
Sumber :
  • Dokumentasi Angkasa Pura II

VIVA – PT Angkasa Pura II melakukan moderenisasi layananya di bandara yang dikelola. Kali ini, Airport Digital Lounge yang telah diluncurkan akan menggunakan robot untuk mempermudah perjalanan para penumpang maupun para pengguna jasa di bandara Angkasa Pura II.  

Buka Kongres KSPSI, Jokowi Wanti-wanti soal Distrupsi Digital

Presiden Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengungkapkan, Airport Digital Journey Experience sendiri merupakan program utama korporasi dalam melakukan inovasi yang terpola untuk menjadikan bandara-bandara Angkasa Pura II berkelas dunia.

Airport Digital Lounge akan menggantikan information counter yang ada saat ini. Fasilitas tersebut diharapkan akan menjadi pusat informasi, yaitu sebuah layanan digital untuk lebih mempermudah perjalanan pengguna jasa, serta aktivitas penunjang lainnya.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

"Pengimplementasian Airport Digital Lounge juga akan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing bandara yang dikelola Angkasa Pura II," ujar Awaluddin dikutip dari keterangan resminya, Selasa 21 Agustus 2018. 

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan pada Airport Digital Lounge, yaitu pelayanan informasi, self check-in counter, virtual assistant melalui chat bot, coworking space, digital wayfinding, reservasi perjalanan/akomodasi, dan official airport merchandise store

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

Selain sebagai pusat informasi, dengan adanya coworking space pada Airport Digital Lounge juga merupakan solusi bagi penumpang yang ingin melakukan business meeting atau sekadar mencari ruang untuk bekerja di bandara. Tidak perlu khawatir, karena setiap Airport Digital lounge akan didampingi oleh petugas pelayanan yang akan membantu penumpang untuk beraktivitas di dalamnya.

Uniknya, dalam lounge ini juga dilengkapi dengan robot pintar yang bernama Dilo. Pada saat ini terdapat 2 unit yang telah diinstalasi. 1 unit sudah aktif beroperasi pada Airport Digital Lounge Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sedangkan 1 unit lainnya, masih standby untuk dioperasikan pada saat Airport Digital Lounge Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta selesai. Awaluddin menjelaskan, memiliki fitur multimedia. Seperti musik dan video atau membuka dokumen melalui layar sentuh pada robot atau proyektor. 

Jika ingin menggerakkan fisik robot, pengoperasian Dilo secara remote melalu aplikasi Q-link. Robot pintar ini juga dapat menari dengan diiringi musik, serta dapat bergerak ke segala arah dan dapat memghindari rintangan kecuali kaca. 

Untuk mengatur konten dan pengaturan robot, dapat dilakukan melalui Multi Platform System (MPS) Content Management System. Ke depannya, robot Dilo akan diisi konten kebandarudaraan serta integrasi chat bot (aplikasi TASYA) ke dalam robot.

"Airport Digital Lounge dan robot Dilo merupakan pusat layanan terintegrasi dari Angkasa Pura II yang memadukan kemudahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini (state of the art technology)," tegasnya. 

Dia mengungkapkan, ke depannya, seluruh cabang Angkasa Pura II akan dilengkapi Airport Digital Lounge serta Dilo pada tiap bandaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya