Lima Cara Cerdas Hemat Uang Makan Bulanan

Ilustrasi Menabung.
Sumber :

VIVA – Bujet yang dihabiskan untuk kebutuhan makan dalam sebulan, merupakan salah satu komponen terbesar di dalam pengeluaran rutin. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya bisa saja mencapai 50 persen dari total penghasilan.

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Jika melihat besaran tersebut, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya membagi sisa penghasilan untuk berbagai kebutuhan rutin lainnya, mengingat di dalam anggaran keuangan juga terdapat pos pengeluaran lainnya yang tak kalah penting.

Untuk mengatasi hal ini, melakukan penghematan pada biaya makan merupakan salah satu langkah terbaik. Tentu ini tidak masalah, selama makanan masih sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Ada banyak cara cerdas yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya makanan bulanan. Berikut beberapa cara cerdas untuk menghemat biaya makan bulanan Seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 22 Agustus 2018:

1. Siapkan makanan Sendiri

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Memasak dan menyiapkan makanan sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk menghemat biaya makan. Dana yang dihemat ini bahkan bisa saja dalam jumlah yang cukup besar.

Memasak sendiri juga memungkinkan kita untuk lebih mudah memakan makanan apa saja yang diinginkan, bahkan yang paling sesuai dengan selera kita sekalipun. Hal seperti ini tentu tidak bisa dilakukan, jika kita selalu membeli makanan dari luar.

Tidak perlu repot, saat ini berbagai resep masakan yang simpel juga begitu mudah ditemukan dan dipraktikan di rumah. Pilih menu yang tepat dan sesuai selera, sehingga acara memasak ini menjadi lebih menyenangkan.

2. Beli dan kelola bahan makanan dengan tepat

Agar bujet makanan lebih ringan, membeli dan mengolah sendiri berbagai bahan makanan, merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Rencanakan dengan baik berbagai menu makanan dan bahan-bahan yang dibutuhkan dan harus dibeli, sehingga berbagai bahan makanan ini akan sesuai dan kelak tidak terbuang karena tak habis terpakai.

Jangan membeli bahan makanan seperti sayuran dan buah dalam jumlah yang banyak sekaligus, terutama yang mudah layu dan busuk. Hal ini bisa saja membuat bahan makanan tersebut terbuang dengan percuma.

Sempatkanlah untuk belanja setidaknya dua kali dalam sepekan, sehingga berbagai bahan makanan yang dibeli ini tetap segar dan nutrisinya terjaga dengan baik.

3. Bawa bekal makan siang ke kantor

Membeli makan siang setiap hari, hal ini juga akan membuat bujet makan menjadi membengkak. Hindari biaya makan siang ini dengan cara yang tepat, yakni dengan membawa bekal makan siang sendiri dari rumah.

Bukan hanya lebih irit, hal ini juga akan membuat lebih leluasa dan bisa menikmati waktu istirahat di kantor dengan lebih nyaman, tanpa dipusingkan dengan acara makan siang di luar.

Selain itu, makanan yang dimasak sendiri ini tentu akan lebih sehat, bukan?

4. Hindari beli makanan secara online

Mudahnya memesan makanan melalui aplikasi online merupakan salah satu hal yang membuat bujet makan menjadi besar. Begitu nyaman dan cepat, hal ini membuat kebanyakan orang menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Selain harga makanan yang mungkin lebih mahal, layanan jasa yang satu ini juga tentu akan membutuhkan sejumlah biaya pengantaran. Jika tidak terpaksa, akan sangat baik untuk menghindari penggunaan layanan pembelian makanan online seperti ini.

5. Kurangi makan di luar

Makan di rumah akan menghemat banyak uang, termasuk tenaga. Jika terlalu sering makan di luar, bukan hanya waktu saja yang tersita, namun uang makan juga akan menjadi jauh lebih besar.

Hal ini bisa saja menguras kantong, terutama jika dilakukan terlalu sering. Kurangi kegiatan makan di luar ini, agar uang makan bisa dihemat dengan baik. Jika sesekali terpaksa makan di luar, pilihlah makanan yang sehat dan juga cukup ramah di kantong. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya