Idul Adha 2018, KAI Sediakan Tambahan Tujuh Kereta

Ilustrasi perlintasan kereta api
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA – PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan antisipasi lonjakan penumpang dengan mengoperasikan tujuh kereta api (KA) tambahan untuk para warga Jakarta dan sekitarnya yang akan mudik ke kampung halamannya maupun keluar kota pada libur Idul Adha 2018. 

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo merinci, kereta tambahan terdiri atas 6 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan 1 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. 

“Dengan dijalankannya KA tambahan ini, diharapkan dapat memenuhi permintaan masyarakat akan moda transportasi kereta api khususnya di hari libur peringatan Idul Adha,” ujar Edy Kuswoyo kepada VIVA di Jakarta, Selasa, 21 Agustus 2018. 

Selain mengoperasikan KA Tambahan saat libur Idul Adha, PT KAI Daop 1 Jakarta punya kejutan lainnya bagi para pengguna setia kereta api, yaitu berupa pemberian diskon tiket kereta api sebesar 10 persen untuk pembelian di boothstand PT KAI di JI Expo Kemayoran selama perhelatan Asian Games 2018.

Menurut dia, potongan harga tiket ke semua jurusan ini dilatarbelakangi keinginan PT KAI sebagai salah satu BUMN untuk memeriahkan dan menyukseskan event Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018

KAI Siapkan 3 Kereta Api Tambahan di Semarang saat Arus Mudik, Cek Rutenya

"Sebagai bentuk dukungan atas perhelatan olahraga empat tahun sekali itu serta meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta api," ujarnya. 

Maka PT KAI Daop 1 Jakarta membuka booth di JI EXPO Kemayoran selama pertandingan Asian Games 2018 berlangsung. Adapun syarat dan ketentuan mengenai tiket diskon Asian Games 2018:

KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis untuk Keberangkatan 2 April 2024, Simak Cara Daftarnya

Pertama, tiket diskon hanya diberikan kepada pengunjung yang melakukan transaksi pembelian on the spot di stand KAI. Kedua, tiket diskon hanya berlaku KA komersial jarak jauh dan menengah untuk semua tujuan. 

Kemudian, untuk periode pembelian tiket hanya selama event Asian Games 2018 berlangsung, yakni mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 untuk keberangkatan KA sampai dengan 90 hari ke depan selama tiket masih tersedia. 

Namun, tiket diskon tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal serta tiket diskon tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya. 

“Dengan adanya booth KAI di JI EXPO Kemayoran ini, kita mengajak sekaligus masyarakat untuk datang dan mendukung langsung atlet Indonesia yang bertanding di sini,” lanjut Edy.

Untuk itu, Edy meminta pastikan pemesanan tiket sesuai dengan identitas calon penumpang yang akan melakukan perjalanan. Jika identitas tidak sesuai, tiket dinyatakan tidak berlaku. 

"Kepada masyarakat agar menghindari pembelian tiket kereta api melalui penawaran jasa perseorangan atau pun pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang akan merugikan konsumen,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya