Kembangkan Bandara, Angkasa Pura II 'Disuntik' Kredit BTN Rp1 Triliun

Para penumpang di Terminal 3 Bandara Soetta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Lucky R

VIVA – PT Angkasa Pura II akan mendapatkan kucuran kredit koorporasi senilai Rp1 triliun dari PT Bank Tabungan Negara Tbk. Pembiayaan itu diberikan untuk pengembangan sejumlah bandara di lingkungan kerja AP II.

Ekspansi Bisnis di Parepare, BTN Targetkan Salurkan KPR Baru Rp48 M

Direktur Bank BTN Oni Febriarto R mengatakan, pengembangan infrastruktur, termasuk bandara, akan memiliki dampak berlipat ganda bagi industri lain. Pengembangan infrastruktur, lanjutnya, memberikan stimulus bagi perekonomian masyarakat sekitar sehingga akan meningkatkan daya beli dan ekonomi pada kawasan tersebut.

Melalui sinergi dengan AP II, Oni mengungkapkan menjadi langkah strategis perseroan untuk mendukung pengembangan infrastruktur. Kerja sama itu ditandai oleh penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) tentang Sinergi Jasa Layanan Perbankan bagi PT Angkasa Pura II. 

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

“Selain rencana pemberian kredit korporasi senilai Rp1 triliun ini, Bank BTN juga membuka peluang kerja sama lainnya dengan AP II untuk mendukung ekonomi dalam negeri,” jelas Oni dikutip dari keterangannya, Selasa 28 Agustus 2018. 

Oni menjelaskan, beberapa peluang kerja sama yang bakal dijajaki ke depannya yakni penyediaan jasa layanan dana, pemanfaatan fasilitas kredit dan pembiayaan, serta jasa layanan perbankan lainnya. Seperti pengelolaan dana operasional korporasi, fasilitas kredit, pembiayaan korporasi dalam bentuk kredit investasi, kredit modal kerja dan kredit sindikasi.

BTN Targetkan Kredit pada 2022 Tumbuh hingga 11 Persen

Bank BTN juga bakal memberikan pengelolaan dana konsumer bagi karyawan AP II dalam bentuk tabungan dan deposito. Yaitu fasilitas kredit serta pembiayaan kredit konsumer di antaranya dalam bentuk Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA), Kredit Ringan Karyawan, dan Kredit Agunan Rumah. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan AP II Andra Agussalam mengungkapkan dengan adanya dana investasi dari Bank BTN sebesar Rp1 triliun, akan mempercepat pengembangan infrastruktur sejumlah bandara baru yang dikelola pihaknya. 

Beberapa bandara yang akan dikembangkan seperti Bandara Jember, Bandara Palangkaraya, hingga pengembangan runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

"Pengembangan fasilitas dan infrastruktur bandara akan terus kami lakukan untuk memaksimalkan pelayanan. Dengan bertambahnya bandara yang kami kelola, kami optimistis dapat meraih pendapatan lebih dari 20 persen dibandingkan dengan pendapatan 2017 lalu,” jelas Andra. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya