ModernCikande Hadirkan Cluster Halal Terbesar Pertama di Indonesia

Modern Halal Valley, Cluster Halal Terbesar Pertama di Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kawasan industri ModernCikande Industrial Estate atau MCIE, yang dikembangkan PT Modern Industrial Estat, anak usaha PT Modernland Realty Tbk, terus menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu kawasan industri terbaik yang pantas diperhitungkan di Indonesia.

Cara BI Dorong Pengembangan Halal Value Chain di Tanah Air

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan masifnya pengembangan berbagai fasilitas di dalam kawasan industri yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten tersebut, untuk mendukung berbagai aktivitas bisnis para tenant-nya.

Tak heran, jika saat ini Kawasan industri ModernCikande cukup diminati para investor dan pelaku industri, baik dari dalam maupun investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Wapres Dorong Pengusaha Dalami Tren Global Industri Halal

Sejalan dengan hal tersebut, ModernCikande Industrial Estate saat ini juga terus melebarkan sayap untuk menarik minat para investor dari manca negara. Setelah sebelumnya aktif melakukan penetrasi di pasar industri China dan Taiwan, serta dilanjutkan dengan mulai merambah ke potensi pasar industri dari Korea Selatan.

Teranyar, ModernCikande Industrial Estate memiliki potensi besar untuk mengembangkan kawasan industri halal pertama di Indonesia. Kawasan industri halal adalah kawasan industri yang semua di dalamnya menerapkan atau sesuai dengan standar halal Internasional, mulai dari hulu sampai hilir.

Pademi Covid-19, Kota Modern Beri Subsidi Bunga Hingga Rp125 Jutaan

Sebuah potensi besar, karena industri halal belum diterapkan secara maksimal. Padahal, Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia dengan nilai ekonomi mencapai US$197 miliar, disusul Turki yang mencapai  US$100 miliar.

Pemerintah sendiri terus mendorong pengembangan kawasan industri halal di Indonesia. Sebab, banyak faktor pendukungnya, antara lain, jumlah penduduk muslim mencapai 85 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 235 juta jiwa.

Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang begitu pesat, juga mendorong permintaan domestik untuk produk halal berkualitas tinggi. Saat ini, Indonesia menempati pasar makanan halal terbesar di dunia, kosmetik halal terbesar kedua dan farmasi halal terbesar keempat di dunia.
 
Gaya hidup terhadap produk halal dewasa ini juga semakin menjadi tren di dunia, sejalan dengan kesadaran masyarakat global tentang manfaat produk-produk halal bagi kesehatan, sehingga kehadiran produk-produk halal pun makin menjadi tuntutan masyarakat.

Halal Industry Development Cooperation Sdn Bhd (HDC), sebuah lembaga di bawah pemerintah Malaysia, yang bertugas mengembangkan industri halal, bahkan memprediksi pada 2019, pangsa pasar produk halal global mencapai US$3,7 triliun.

Melihat peluang tersebut PT Modern Industrial Estat mulai mengembangkan Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal yang terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia seluas 500 hektare yang berlokasi di kawasan MCIE di Cikande, Serang, Banten. Cluster ini nantinya merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park.

”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam mewujudkan visi Indonesia membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, direktur utama PT Modern Industrial Estat, seperti dikutip dari keterangannya, Kamis 30 Agustus 2018.

Menurut Pascall Wilson, melalui Modern Halal Valley, MCIE siap memfasilitasi investor industri halal baik itu lokal maupun asing. Sebab, Modern Halal Valley merupakan zona industri halal yang merangkul nilai-nilai standar halal Internasional, memenuhi standar tertinggi dalam hal halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan.

Modern Halal Valley menyediakan berbagai kebutuhan penunjang bagi ekosistem halal yang lengkap untuk produksi halal yang efisien, serta pendistribusian domestik dan ekspor ke pasar internasional.

“Zona industri halal yang kami kembangkan, memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap, nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air, " ujar Wilson.

Wilson menambahkan, semua model dan jenis industri halal akan difasilitasi. Cluster industri halal yang terintegrasi di MCIE telah didukung fasilitas dan infrastruktur modern yang telah terintegrasi, serta memiliki akses pada jaringan pasar halal global.

Di Kawasan ini juga akan menyediakan kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang akan membantu dan memberi informasi bagi para investor asing, terkait semua hal tentang investasi di Indonesia, termasuk membantu permohonan izin dan penyerahan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM).

“Tentu, kami ingin Modern Halal Valley ini bisa memfasilitasi para stakeholder pelaku industri. Harapannya, melalui cluster industri halal yang terintegrasi ini mampu mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia dan membantu Indonesia tak hanya menjadi pasar, namun juga menjadi pemain di Industri halal global. Dan, kami optimis zona industri halal di ModernCikande Industrial Estate akan diminati, karena ModernCikande Industrial Estate memiliki banyak keunggulan yang diperlukan oleh investor dan pelaku industri,” ujar Wilson.

Dikembangkan di atas lahan 500 Ha

Modern Halal Valley dikembangkan di atas lahan seluas 500 hektare dan mengusung konsep lahan hijau. Bisa dibilang, Modern Halal Valley adalah generasi terbaru dari pengembangan kawasan industri modern yang memenuhi standar tertinggi dalam memenuhi standarisasi halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan.

Modern Halal Valley menyediakan lahan premium bagi perusahaan yang ingin menjadikan Indonesia sebagai basis bagi bisnis internasional mereka dalam hal produksi dan perdagangan halal.

Menariknya, Modern Halal Valley juga merupakan rumah bagi usaha kecil dan menengah (UKM), yang dalam keberadaan industri halal memiliki peran strategis sebagai industri pendukung bagi penyediaan bahan baku serta produsen produk konsumen untuk pasar Indonesia dan internasional.

Untuk UKM, Moderncikande menawarkan bangunan dengan ukuran 1.250 meter persegi yang dapat digunakan sebagai pabrik maupun fasilitas penyimpanan dengan standar halal internasional.

Untuk tahap pertama, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional seluas 50 hektare yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya. Modern Halal Valley juga menyediakan ruang komersial bagi perusahaan yang aktif dalam bisnis halal, perdagangan, dan perbankan baik skala nasional, Asia dan dunia.

Modern Halal Valley juga merupakan tempat yang tepat bagi para wirausahawan untuk menumbuhkan ide-ide baru dan ingin berkontribusi dalam industri halal global melalui Indonesia. “Karena itu, Modern Halal Valley mengundang para investor untuk berpartisipasi dalam pasar halal terbesar di dunia yaitu Indonesia,” jelas Wilson.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya