Bakrie Amanah dan tvOne Distribusikan Zakat Produktif untuk UKM

Bakrie Amanah dan tvOne mendistribusikan zakat produktif untuk UKM di Kampung Pulo Kambing, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Rabu, 29 Agustus 2018.
Sumber :
  • Bakrie Amanah

VIVA – Yayasan Bakrie Amanah bekerja sama dengan tvOne mendistribusikan zakat produktif untuk usaha kecil dan mikro (UKM) di Kampung Pulo Kambing, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Rabu, 29 Agustus 2018.

Dikecam Gegara Olok-olok Salat dan Zakat, Ini Penjelasan Pendeta Gilbert

Penyerahan bantuan modal usaha sebagai bagian dari program Kemitraan Untuk Negeri itu dipusatkan di Masjid An-Ni’mah, RT 10 RW 03 Kampung Pulo Kambing. Kemitraan Untuk Negeri yang sudah berjalan tiga kali itu ialah program pemberdayaan ekonomi umat yang ditujukan untuk penguatan kemampuan mustahiq (penerima zakat) dengan memberikan bantuan usaha produktif.

Penerima bantuan, selain diharapkan dapat meningkatkan pendapatannya, juga mempunyai kewajiban untuk mengembalikan pokok pinjaman itu dari hasil usahanya.

Sosok Pendeta Gilbert yang Dikecam Gegara Singgung Soal Salat dan Zakat

“Dalam penyaluran bantuan usaha kali ini, kami menggandeng tvOne sebagai unit usaha yang berlokasi tidak jauh dari Pulo Kambing, yang akan disinergikan dengan program tanggung jawab sosial tvOne,” kata Setiadi Ihsan, General Manager Bakrie Amanah, berdasarkan keterangan tertulisnya kepada VIVA pada Kamis, 30 Agustus.

Penyerahan bantuan usaha dilakukan langsung oleh Raldy Doy, Corporate Communication PT Lativi Mediakarya (tvOne), kepada 25 penerima manfaat. Disaksikan oleh aparat kelurahan dan tokoh masyarakat di Pulo Kambing.

Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Raldy menyampaikan harapannya bahwa bantuan modal usaha yang difasilitasi Bakrie Amanah dapat meningkatkan semangat berusaha, meningkatkan penjualan dan pendapatan dari para UKM. Bantuan modal itu berakad pinjaman tanpa bunga yang tentunya dari sebagian penjualan, para penerima bantuan harus dapat mengelola program pengembalian.

“Semoga dengan bantuan modal usaha ini, usaha bapak dan ibu dapat lebih meningkat lagi dari aspek pendapatan dan pengelolaan usaha. Insya Allah, Tim Bakrie Amanah dan tvOne akan mendampingi bapak-ibu dalam usaha ke depan, termasuk program lain di bidang kesehatan dan pendidikan,” ujarnya.

Bakrie Amanah dan tvOne Distribusikan Zakat Produktif untuk UKM

Total dana zakat produktif yang disalurkan sebesar Rp75 juta. Tempo pengembalian pokok pinjamannya sepuluh bulan yang akan digulirkan lagi oleh pengelola DKM An-Ni’mah kepada para pelaku usaha lain.

Hadir pula dalam acara itu, Mohammad Nurhakim selaku pengurus RT 10 Pulo Kambing. Dia mengapresiasi Kelompok Usaha Bakrie melalui tvOne dan Bakrie Amanah yang telah memberikan perhatian, khususnya dalam pengembangan usaha. "Ini adalah karunia bagi kami,” ujarnya.

"Bantuan ini akan kami gunakan untuk menambah modal usaha. Semoga dapat meningkatkan juga pendapatan keluarga,” kata Agus Ming Surahman (27 tahun), pedagang susu jahe.

Martini (55 tahun), yang membuka usaha warung kopi dan mi ayam, bersyukur atas bantuan modal dari Bakrie Amanah. Sebab selama ini dia kesulitan mendapatkan tambahan modal dan terpaksa harus meminjam kepada 'Bank Emok', sebutan bagi bank keliling dengan operasi sistem rente.

“Bantuan ini sangat membantu usaha saya, khususnya dalam mencari tambahan modal usaha yang saat ini saya dapatkan dari Bank Emok dengan bunga yang mencekik,” kata Martini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya