Direksi Pertagas Bakal Dirombak Guna Pertajam Struktur Holding Migas

Menteri Negara BUMN Rini Soemarno
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, mengatakan, akan ada perombakan susunan direksi di PT Pertamina Gas atau Pertagas. Langkah ini dilakukan setelah beberapa waktu lalu PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN mengakuisisi 51 persen saham Pertagas.

Pertagas Cetak Laba Bersih US$196,7 Juta di 2023, Target Tahun Ini Dinaikkan

Meski begitu, Rini enggan merinci proses perombakan susunan direksi tersebut. Namun begitu, dipastikannya proses perubahan direksi tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut, atas proses holding BUMN minyak dan gas atau migas yang telah dilakukan.

"Ya tunggu saja tanggal mainnya dong. Perubahan pasti ada karena biar gimana nanti kan sudah menjadi holding," ungkap Rini saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta, Senin 3 September 2018.

Resmi 17 Tahun Berkiprah, Pertagas Mulai Kembangkan Potensi Bisnis Petrokimia dan Energi Bersih

Untuk mengakuisisi Pertagas, PGN menyatakan, akan mencicil pembayaran bagi akuisisi 51 persen saham perusahaan itu. Nilai akuisisi sebesar US$1,2 miliar atau Rp16,6 triliun tersebut akan dicicil dua tahap.
 
Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, dalam Conditional Sale Purchase Agreement pada 29 Juni 2018 telah disepakati bahwa PGN menjadi perusahaan pengendali, karena telah mengakuisisi 51 persen saham Pertagas. Sementara itu, sisanya 49 persen tetap milik Pertamina. 

"Nilai transaksi kan US$1,2 miliar atau sekitar Rp16 triliun. Tahap pertama, kami akan lunasi Insya Allah di akhir September 50 persen dari US$1,2 miliar. 50 persennya lagi kami akan selesaikan di semester I-2019," ujar Jobi beberapa waktu lalu.

Klarifikasi: Api di Rest Area Cipali Bukan Dari Pipa Pertamina
Corporate Secretary PT Pertamina Gas (Pertagas) Muhammad Baron

Komitmen Dukung UKM Naik Kelas, Pertagas Borong Penghargaan Internasional Ini

PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas Pertamina menegaskan komitmennya mendukung kemajuan UKM yang berada di sekitar wilayah operasionalnya.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024