Asyik, BPTJ Luncurkan Bus Rute Serpong ke Bandara Soetta

Bus Transjabodetabek kelas premium.
Sumber :
  • VIVA/Deny

VIVA – Demi upaya mengurangi jumlah kendaraan pribadi di wilayah Tangerang, Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek atau BPTJ meluncurkan lima unit bus dengan rute Intermak, Serpong menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Tak Dapat Mobil Dinas, Pejabat Pemerintah di IKN Wajib Naik Transportasi Umum

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, upaya ini bentuk pemenuhan kebutuhan masyarakat akan moda transportasi umum. Sekaligus, melakukan pemindahan mindset masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi.

"Setelah kami survei, nyatanya banyak warga yang berada di sekitar Serpong ini, memang membutuhkan moda transportasi umum langsung menuju bandara. Akhirnya, kami realisasikan dengan bus JA Connexion ini," katanya, Senin 3 September 2018.

Menhub: Jakarta Rugi Rp 100 Triliun per Tahun Karena Macet

Dikatakan Bambang, sejauh ini terdata sebanyak 20 persen para pengguna kendaraan pribadi berpindah ke moda transportasi umum, lantaran perubahan yang terus dilakukan pemerintah dalam hal sarana dan prasarana.

"Secara bertahap akan terus kita lakukan," ujarnya.

Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ungkap Makna Nama WHOOSH: Tercepat di Asia Tenggara

Bus ini memiliki kapasitas 32 kursi dengan fasilitas charging dan WiFi. Untuk tarif dalam promosi awal selama tiga bulan akan dikenakan Rp25 ribu yang selanjutnya, akan dikenakan Rp40 ribu.

"Nantinya, dengan kecepatan batas 80 km/jam bus ini akan mengantarkan para penumpang selama satu jam perjalanan normal menuju Bandara Soetta," ungkap Bambang.

Direktur Operasional dan Pemasaran Perum PPD, Bambang Suryo mengatakan, ke depannya akan dilakukan penambahan lima unit bus nantinya, dengan hasil evaluasi pihak perhubungan akan pesatnya minat dari moda transportasi menuju Bandara Soekarno Hatta.

"Lima bus ini kami rasa sementara cukup, dengan jadwal yang akan bergerak selama satu jam sekali di pagi hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB kemudian, berlanjut selama dua jam sekali mulai pukul 11.00 WIB hingga 18.00 WIB," ungkapnya.

Untuk pembeli tiket, para penumpang dapat langsung mendatangi TOD yang berada di Intermark dan dapat langsung membeli tiket yang sementara waktu, akan dilakukan secara tunai ataupun dapat membeli di atas bus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya