Mau Barang Bekas Cepat Laku, Coba Jual di Situs Ini

Ilustrasi barang bekas
Sumber :
  • www.pixabay.com/Sbringser

VIVA – Membeli barang bekas, bukan menjadi hal tabu di era modern. Sebaliknya, membeli barang bekas kini menjadi tren di masyarakat, termasuk kaum selebriti. Kondisi ini memicu munculnya berbagai situs khusus untuk menjual barang-barang bekas.

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta

Nah, jika kebetulan Anda punya banyak barang-barang yang sudah tak terpakai ,namun masih layak pakai, tak ada salahnya dijadikan uang saja. Caranya pun mudah, cepat dan praktis, melalui online. Di mana saja?

Seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 5 September 2018, berikut situs-situs atau website yang bisa digunakan untuk menjual barang-barang bekas atau barang preloved Anda.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

1. OLX

Siapa yang tak kenal situs jual beli online barang bekas yang satu ini. Bahkan, keberadaannya di Indonesia sudah cukup lama, karena sebelumnya platform e-commerce ini bernama Tokobagus.com, yang kemudian diakuisisi oleh OLX.

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

Anda cukup mendaftar untuk memiliki akun dan bisa bertransaksi melalui website ini. Menjual barang preloved pun semudah menggerakkan jari! Mekanisme jual-beli yang ada di OLX sangat mudah. Cukup dengan mengupload foto dari barang yang ingin dijual, lalu mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Barang bekas Anda pun siap dilirik oleh pembeli.

2. Carousell

Carousell menjadi website yang paling diminati oleh pecinta barang-barang preloved atau bekas, khususnya untuk kategori fashion dan make up.

Kebanyakan barang yang dijual di situs ini masih sangat bagus, tetapi dibanderol dengan harga miring. Hal inilah yang semakin menarik minat masyarakat untuk membeli.

Tidak hanya sebatas website, saat ini Carousell hadir dalam bentuk aplikasi online berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan mudah dipahami, sehingga akan mempermudah Anda untuk menjual barang-barang bekas.

3. Prelo

Jika Anda memiliki koleksi buku bekas yang sudah tidak dibaca lagi, Prelo adalah situs terbaik untuk menjual buku-buku tersebut. Selain buku, Anda juga bisa menjual produk fashion, make up dan barang-barang koleksi pribadi lainnya.

Saat ini, Prelo hadir dengan fitur tambahan yang semakin memanjakan Anda yaitu tersedianya fitur jasa penitipan atau jastip. Jika Anda tidak ingin menjual barang koleksi pribadi, Anda bisa menyewakan barang tersebut dan tetap memperoleh keuntungan. Menggiurkan, bukan?

4. Jualo

Berbeda dengan website lainnya, Jualo.com hadir dengan fitur geo-search yang akan mempermudah Anda untuk mengetahui jarak antara penjual dan pembeli.

Ketika barang yang ingin dibeli sifatnya mendesak, Anda dapat langsung mengantarkan barang tersebut kepada pembeli tanpa harus menggunakan jasa logistik.

Kelebihan situs yang satu ini dibanding dengan lainnya yang sejenis adalah tersedianya fitur tawar-menawar harga, sehingga pembeli dapat melakukan negosiasi harga untuk mencapai kesepakatan harga dengan Anda.

5. Kaskus

Sebelum situs di atas dikenal oleh masyarakat, Kaskus.co.id menjadi website pilihan bagi pebisnis barang-barang bekas. Situs ini siap menampung semua barang bekas milik Anda.

Mulai dari yang harganya murah hingga yang memiliki harga fantastis. Keunikan situs jual-beli online ini adalah menyediakan layanan berbasis forum sebagai tempat untuk diskusi bagi pembeli maupun penjual. Namun sayangnya, tingkat penipuan pada website ini sangat tinggi.

Anda perlu lebih berhati-hati saat ingin bertransaksi, baik saat menjual maupun membeli barang.

6. Tinkerlust

Sama seperti website yang sudah disebutkan di atas. Bedanya, Tinkerlust hanya menerima barang-barang tertentu seperti fashion dan make up saja. Apabila Anda ingin menjual alat-alat elektronik, Tinkerlust bukanlah situs yang cocok.

Penjual yang bergabung di Tinkerlust kebanyakan berasal dari kaum selebriti atau influencer yang ada di Indonesia. Ini artinya Anda perlu menyortir barang-barang bekas secara ketat agar barang bekas milik Anda tidak kalah bersaing dengan barang bekas milik selebriti dan influencer tersebut.

7. Tokopedia

Meskipun Tokopedia bukan termasuk situs e-commerce terbaik untuk jajakan barang bekas, tetapi website ini memberi manfaat maksimal bagi Anda. Apalagi, saat ini Tokopedia dikemas dalam bentuk aplikasi untuk mempermudah Anda saat menjual barang.

Selain itu, situs yang satu ini juga menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran. Sehingga, pembeli semakin mudah untuk menyelesaikan transaksi ketika membeli suatu barang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya