Total Belanja Iklan di Televisi Selama Asian Games 2018 Rp747 Miliar

Meriahnya Penutupan Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Selain pembukaan, penutupan Asian Games 2018, juga meninggalkan kesan yang mendalam bagi masyarakat Indonesia maupun dan mendapat sorotan masyarakat dunia.

Hari Raya Nyepi 2024, Pemprov Bali Matikan Layanan Data Seluler dan IPTV

Dari hasil survei Nielsen di 11 kota, rata-rata rating tayangan acara penutupan Asian Games 2018, mencapai angka yang cukup tinggi, yakni 14,5 persen, dengan share mencapai 55,7 persen.

Dari profil pemirsa televisi, acara penutupan Asian Games 2018 pada Sabtu malam lalu, 2 September 2018, didominasi oleh penonton berusia 15-17 tahun dengan rating sebesar 17 persen.

Terungkap Rencana Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Gak Bakal Disiarkan di Televisi

Kemudian, penonton berusia 50 tahun ke atas dengan rating 16,3 persen dan disusul dengan penonton berusia 20-39 tahun dan penonton berusia 40-49 dengan perolehan rating yang sama, yaitu 14,8 persen.

Dari sisi share, acara penutupan Asian Games 2018 penonton berusia 15-19 tahun menunjukkan share tertinggi, yaitu 65,7 persen, disusul penonton usia 20-29 tahun dengan share 61,5 persen, dan penonton berusia 30-39 tahun dengan share sebesar 54, 7 persen.

Respons Sule Ditanya Alasan Jarang Muncul di Televisi

Jika dilihat dari kelas sosial, penonton pada SES upper class adalah yang tertinggi, dengan perolehan rating dan share masing-masing secara berurutan sebesar 15,6 persen dan 64,6 persen.

Sementara itu, sepanjang tayangan penutupan Asian Games 2018, pemirsa perempuan juga menunjukkan angka indeks yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemirsa pria (113 vs 87).

Hasil pantauan Nielsen Television Audience Measurement (TAM) di 11 kota, sepanjang pelaksanaan Asian Games 2018, yang berlangsung pada 18 Agustus - 2 September 2018, menunjukkan tren jangkauan (Reach) tayangan yang terus meningkat. Asian Games 2018 berhasil menjangkau sampai dengan 85,4 persen penonton televisi.

Sepanjang pelaksanaan pertandingan Asian Games 2018, tayangan yang paling banyak mengikat rasa nasionalis penonton televisi adalah laga sepak bola dan bulu tangkis. Tertinggi masih diperoleh laga pertandingan sepakbola yang mempertemukan Indonesia dengan Hongkong yang meraih rating 9,4 persen dan share sebesar 35,6 persen, disusul oleh pertandingan bulu tangkis Indonesia dengan China, dengan angka rating 7,9 persen dan share 35,6 persen.

Dukungan nasionalisme para penonton televis kepada timnas bulu tangkis masih terus berlanjut pada partai final individu putra yang berlangsung pada 28 Agustus 2018. Partai final yang mempertemukan Indonesia dan Taipei tersebut, memperoleh rating sebesar 4,5 persen dan share 34,4 persen.

“Pertandingan sepak bola dan bulu tangkis masih menjadi pengikat nasionalisme penonton, terbukti di setiap laga yang mempertandingkan kontingen Indonesia selalu mencapai perolehan rating dan share tertinggi penonton televisi,” kata Hellen Katherina, Executive Director Media Business Nielsen Indonesia, Jumat 7 September 2018.

Melihat sisi lain dari Asian Games 2018, Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel) menunjukkan sepanjang pagelaran ajang olahraga terbesar se-Asia itu membukukan total belanja iklan mencapai lebih dari Rp747 miliar. Total belanja iklan ini hanya pada media televisi saja.

Kategori produk yang aktivitas beriklannya meningkat datang dari kategori produk online service dengan belanja iklan sebesar Rp150,2 miliar.

Disusul oleh kategori produk layanan dan perangkat komunikasi dengan belanja iklan sebesar Rp76,8 miliar, kategori minuman berenergi dengan belanja iklan sebesar Rp50,7 miliar. Di urutan keempat dan kelima adalah kategori produk layanan masyarakat dengan belanja iklan sebesar Rp39,6 miliar dan kategori produk korporasi perbankan dengan belanja iklan Rp36,7 miliar.

Berdasarkan merek produk yang paling banyak beriklan, Bukalapak.com yang juga merupakan salah satu sponsor utama dari Asian Games 2018, mendominasi dengan jumlah belanja iklan sebesar Rp102,9 miliar. Grab juga menjadi merek dengan belanja iklan tertinggi lainnya sebesar Rp28,7 miliar. Disusul Telkomsel dengan total belanja iklan Rp27,9 miliar.

Pengiklan terbesar keempat adalah Samsung dengan total belanja iklan sebesar Rp25 miliar. Di urutan kelima adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang aktif beriklan sepanjang Asian Games 2018 dengan total belanja iklan Rp21,9 miliar. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya