Buka Rute di 3 Kota China, Citilink Ingin Menarik Lebih Banyak Turis

Maskapai penerbangan Citilink.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier/LCC Citilink Indonesia telah membuka rute baru ke tiga kota di China yang akan dimulai pada Oktober mendatang. Tiga kota yang langsung terhubung dengan Indonesia itu adalah Xiamen, Kunming dan Nanjang. 

Terpopuler: Baret Merah Hengki Haryadi, Gus Miftah Bagi-bagi Uang, dan Pilot Citilink Selingkuh

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengungkapkan, alasan pihaknya membuka rute ke China, lantaran besarnya  potensi wisatawan yang melancong. Berdasarkan data statistik, ia menjabarkan, jumlah penduduk China yang menjadi traveller mencapai 98 juta namun yang masuk ke Indonesia baru mencapai 1,9 juta.

"Nah, itu potensi pasar, tetapi pertumbuhan mereka besar juga. Itu alasan kita memilih China, karena pertumbuhan pasarnya tinggi," ujarnya di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat 7 September 2018.

Heboh Kabar Pilot dan Pramugari Selingkuh, Citilink Tak Izinkan Keduanya Terbang

Menurut Juliandra, hal ini juga sejalan target pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata, yang menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia pada 2019.  "Di tahun lalu kan 1,9 juta traveller dari China yang masuk ke Indonesia. Kementerian Pariwisata menargetkan naik dari 1,9 menjadi 45 persen lebih tinggi di 2018 ini," katanya.

Untuk bisa menampung wisatawan dari China tersebut, Juliandra mengatakan pihaknya akan mengoperasikan pesawat jenis Airbus 320 Neo yang menyediakan 180 seat.

Garuda Indonesia dan Capital A Sepakati Kerja Sama Perluas Jaringan Rute Citilink-AirAsia

Sebetulnya, ia menerangkan, Citilink sudah melakukan penerbangan charter ke China yang buktinya mampu mengangkut 58 ribu warga China, selama Semester I 2018. Dengan adanya penerbangan reguler setiap hari itu, ia yakin bisa menjadi salah satu maskapai yang 'dianggap' di negeri tirai bambu itu.

Namun begitu, ia menjelaskan, kalau pihaknya tidak akan mengambil pasar dari Garuda Indonesia yang sudah terbang ke kota besar atau primary city di China seperti Beijing. Citilink, tegasnya, akan mengambil pasar secondary.

"Garuda sudah ada di primary, kita perbanyak di secondary, seperti China juga mengembangkan itu. Dengan terbang reguler ke China berjadwal. Maka eksistensi Citilink makin lama makin terlihat di China," ujarnya.

Sebagai informasi, tiga kota yang akan menjadi rute Citilink pada Oktober mendatang adalah kota Xiamen, Kunming dan Nanjang. Namun, dia menegaskan, hal itu tidak menutup ke kota-kota lain di China. Tiga rute ini akan diterbangi baik Jakarta maupun Denpasar, dan nantinya akan merambah Manado.

"Kita akan mulai tiga rute dulu dari Cengkareng ke Kunming, Cengkareng-Xiamen, dan Cengkareng-Nanjang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya