Cara BTN Kejar Target Dana Pihak Ketiga Tahun Ini

Rapat Koordinasi BTN dan PT Pos.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus Terus menggenjot perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) untuk meningkatkan likuiditas yang dimiliki. Salah satu segmen yang dilirik adalah segmen ritel yaitu tabungan dan deposito baik perorangan maupun lembaga.  

Ekspansi Bisnis di Parepare, BTN Targetkan Salurkan KPR Baru Rp48 M

Salah satu produk tabungan yang sedang digenjot pertumbuhannya adalah e’Batarapos. Produk ini merupakan hasil kolaborasi Bank BTN dengan PT Pos Indonesia yang diluncurkan 2005 lalu. 

Tahun ini, kedua BUMN tersebut bersinergi menggenjot DPK tabungan itu dengan melakukan promosi ke sejumlah daerah, di antaranya Makassar (Sulawesi Selatan), Medan (Sumatera Utara), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Kediri(Jawa Timur), Cirebon (Jawa Barat) dan terakhir di Surakarta (Jawa Tengah).

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

“Tahun ini kami menargetkan ada 440 ribu rekening baru dengan fokus pada daerah-daerah tempat road show e’Batarapos digelar,” kata Direktur Bank BTN Budi Satria dikutip dari keterangan resminya, Minggu 9 September 2018. 

Dia menjabarkan, per Agustus ini jumlah rekening e’Batarapos yang mencapai lebih dari 1 juta rekening. Sementara, jumlah dana yang sudah terkumpul dari e’Batarapos per Agustus 2018 adalah sebesar Rp2,35 triliun, atau sekitar 54 persen dari target pencapaian tahun ini yang diperkirakan bisa menembus Rp4,37 triliun.
  
“Perlu ditekankan bahwa  tujuan utama e’Batarapos adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menabung itu mudah dan aman karena bisa dilakukan di 2.933 loket Kantor Pos yang sudah tersebar di seluruh Indonesia,” kata Budi.
 
Budi menambahkan, e’Batarapos memiliki fasilitas perbankan yang lengkap dan menguntungkan. Di antaranya bisa menabung di hari Sabtu dan Minggu, dapat melakukan penyetoran dan penarikan di seluruh outlet Bank BTN, Kantor Pos maupun di mesin ATM yang tersebar luas.

BTN Targetkan Kredit pada 2022 Tumbuh hingga 11 Persen

Kemudian, dapat melakukan transaksi di mobile banking, mendapatkan kartu ATM berlogo Visa dan saldo di atas Rp1 Juta tidak dikenakan biaya administrasi. Kontribusi e’Batarapos sangat dibutuhkan untuk mendongkrak pundi-pundi DPK ritel Bank BTN.

Budi mencatat, menuju kuartal akhir tahun 2018, per Agustus ini Bank BTN sudah mengantongi DPK ritel yang terdiri dari tabungan dan deposito baik perorangan maupun lembaga, sebesar Rp52,26 triliun atau tumbuh 12,55 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Adapun salah satu pendorong dari pertumbuhan DPK ritel adalah tabungan. Per Agustus 2018, tabungan tercatat tumbuh sebesar Rp37,4 triliun, yaitu 10,93 persen dibandingkan Agustus tahun sebelumnya yang mencapai Rp 33,72 triliun. 

“Kami masih on track untuk mengejar target pertumbuhan DPK secara total di sekitar 19-22 persen tahun ini,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya