Gigih Prakoso, 'Orang Lama' yang Jadi Dirut Baru PGN

Gigih Prakoso jadi Direktur Utama PGN.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Perusahaan Gas Negara Tbk berkode saham PGAS telah menetapkan pucuk pimpinan baru perseroan. Dia adalah Gigih Prakoso yang merupakan mantan petinggi di PGN dan posisi terakhirnya adalah Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko di PT Pertamina.

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

Komisaris Utama PGN, IGN Wiratmaja Puja mengatakan bahwa pertimbangan pergantian pengurus merupakan kewenangan Kementerian BUMN selaku pemegang saham dwi warna seri A.

"Pertimbangan pergantian pengurus, ini sesuai peraturan yang berlaku adalah kewenangan dari pemegang saham dwi warna seri A. itu alasannya, pertimbangannya tanya pemegang saham seri A," kata Wiratmaja dalam konferensi pers di Hotel Four Season, Jakarta, Senin 10 September 2018.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi, Dilo Seno Widagdo mengatakan bahwa Gigih sebetulnya bukan orang yang baru di PT PGN. Ia sempat menjabat sebagai direktur di perusahaan tersebut

"Dirut yang baru bukan orang baru, (beliau) orang yang sudah pernah ada di PGN," katanya.

Manfaatkan Energi Bersih, Istana Negara Kini Tersambung Gas PGN

Bahkan, sambung dia, Gigih ikut dalam steering comittee dalam proses integrasi PGN dengan Pertamina serta anak usaha Pertamina, PT Pertagas. "Semua perencanaan beliau ikut. Jadi rasanya apa yang direncanakan perlu diakselerasi untuk bisa membawa manfaat," ujarnya.

Sebagaimana dikutip dari laman Pertamina, Gigih Prakoso ditunjuk sebagai Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) berdasarkan Surat Keputusan no. 232/MBU/08/2018, tanggal 29 Agustus 2018 tentang Pengalihan Tugas, Pemberhentian, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Penyandang gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Gajah Mada dan University of Kentucky, USA ini pernah menjabat sebagai Director Strategy and Business Development PT Perusahaan Gas Negara dan Komisaris PT Pertamina Patra Niaga.

Sebelum menjadi Direktur PIMR, Gigih Prakoso telah menduduki jabatan di Pertamina yang relevan dengan tanggung jawab yang diemban, yakni Senior Vice President Corporate Strategic Growth.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya