Buka Investasi, Pemprov Kalsel Dukung Bangun Pipa Transmisi Gas Bumi

Pemprov Kalsel Dukung Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi
Sumber :

VIVA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan BPH Migas, dalam meningkatkan optimalisasi pemanfaatan gas bumi di wilayahnya.

Resmi, 30 Bus Listrik Bakrie Mulai Mengaspal di Jakarta

Dengan upaya pembangunan pipa transmisi gas yang akan tersambung dari Bontang, Kalimantan Timur, menuju wilayah Kalimantan Selatan, Haris menilai, hal ini akan mampu menarik minat investasi bagi provinsinya.

"Tentu, ini akan membuka peluang investasi yang cukup besar. Gas bumi ini kan bisa dimanfaatkan di berbagai sektor, ini yang kita harapkan dari Kalsel, bisa didistribusikan ke daerah-daerah lain," kata Haris di kawasan Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis 13 September 2018.

HUT Ke-80, Bakrie Group Hadirkan Program Dorong Pemberdayaan Anak Muda

Saat ditanya bentuk dukungan apa yang bisa diberikan pihaknya bagi perencanaan itu, Haris menyebut, misalnya dalam hal kemudahan perizinan. Meski demikian, dia pun menegaskan bahwa regulasi daerahnya juga turut mengawal hal tersebut, agar tidak terjadi tumpah tindih.

"Paling tidak, mereka kita berikan kemudahan-kemudahan untuk investasi di Kalsel, sepanjang regulasi yang sudah ada tidak ditabrak. Kita upayakan iklim usaha yang sudah hidup ini bisa berjalan dengan regulasi yang sudah ada, supaya tetap ada koridor yang tidak merugikan daerah," kata Haris.

Bakrie & Brothers Berevolusi, Kenalkan Lini Bisnis Masa Depan

Mengenai sektor atau potensi daerah apa yang bisa ikut terdongkrak dengan adanya upaya ini, Haris berharap bahwa dua proyek strategis nasional (PSN) yang telah dicanangkan pemerintah di wilayahnya, juga bisa ikut mendapat dampak positif dengan adanya upaya pembangunan jalur transmisi pipa gas bumi tersebut.

"Yang jelas, kan kita punya dua PSN , kawasan industri Batu Licin dan Jorong, itu mungkin yang akan banyak menggunakan gas ini. Jadi, sementara itu yang kita lihat dan akan kita kaji lagi lebih dalam," ujarnya.

Diketahui, proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi di Kalimantan Selatan ini susah dilelang pemerintah sejak 2006. Sebagai pemenang tender pada 2007, PT Bakrie & Brothers Tbk, pun sudah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan BPH Migas, guna merealisasikan rencana distribusi gas bumi dari Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya