Bappenas: Dampak Ekonomi Asian Games ke RI Bisa Lebihi Prediksi

Semarak kembang api di Pembukaan Asian Games 2018
Sumber :
  • INASGOC/M Agung Rajasa

VIVA – Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, yakin dampak ekonomi dari pelaksanaan Asian Games 2018 bisa melebihi prediksi.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Sebelum pelaksanaan Asian Games, Bambang sempat menyampaikan bahwa dampak langsung Asian Games terhadap ekonomi DKI Jakarta sebesar Rp22 triliun. Sementara itu, di Palembang sebesar Rp18,5 triliun.

"Rencananya (dampak ekonomi Asian Games) akhir bulan ini kita akan sampaikan, karena lagi kompilasi data-data yang baru kita kumpulkan," kata Bambang ditemui di JS Luwansa, Jakarta, Jumat 14 September 2018.

BI Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75 Persen, Ini Pertimbangannya

Ia pun menegaskan keyakinannya kalau dampak ekonomi Asian Games tersebut akan melebihi harapan yang sempat disampaikan, yang secara total diperkirakan mencapai Rp40,5 triliun.

"Itu baru perkiraan (Rp40,5 triliun). Nah, akhir bulan ini (disampaikan) yang dampak finalnya. Saya yakin lebih dari harapan malah," ucapnya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Dampak Asian Games ke pertumbuhan ekonomi semester II-2018 diyakini Bambang juga akan berpengaruh. Namun, mengenai besar atau kecil pengaruhnya akan dilaporkan melalui data yang akan disampaikan nanti.

"Saya yakin ada pengaruhnya, besar-kecilnya nanti kan tergantung, ada hitungannya. Tapi pasti ada dampaknya, di semester kedua ini yang bisa berpengaruh ya event besar selain Asian Games, (pertemuan tahunan) World Bank-IMF itu," tuturnya.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024