Trump Ancam China Jangan Melawan Kebijakan Tarif Impor AS

Donald Trump Disambut PM Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan memberlakukan tarif 10 persen pada produk impor dari China senilai US$200 miliar. Bea itu akan meningkat hingga 25 persen pada akhir tahun ini. Dia pun mengancam China untuk tidak membalas kebijakannya ini. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dilansir dari Reuters, Selasa 18 September 2018, Trump dalam sebuah pernyataannya Senin waktu setempat mengungkapkan, tarif 25 persen akan diberlakukan 1 Januari 2019. China diharapkan mengikuti kebijakan itu. 

"Jika China mengambil tindakan pembalasan terhadap petani kami atau industri lainnya, kami akan masuk ke fase ketiga, yaitu tarif tambahan untuk sekitar US$267 produk impor China," ujarnya. 

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Tindakan itu hanya akan meningkatkan ketegangan antara Washington dan Beijing. Trump pun  mencari perjanjian perdagangan baru di tengah keluhan tentang dugaan pencurian kekayaan intelektual oleh perusahaan Cina, dan kekhawatiran tentang defisit perdagangan AS dengan China. 

Kedua belah pihak telah gagal mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan perang dagang ini. Meskipun ada serangkaian pembicaraan yang telah dilakukan secara intensif oleh kedua pihak. 

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal

"Kami telah sangat jelas tentang jenis perubahan yang perlu dilakukan, dan kami telah memberi China setiap kesempatan untuk memperlakukan kami lebih adil," ujarnya menambahkan. 

"Tapi, sejauh ini, China tidak mau mengubah praktiknya." (mus) 
 

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022