Kementerian Pertanian: Stok Beras Nasional Masih Surplus

Pekerja menata beras setelah pengemasan di gudang Perum Bulog.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian atau BKP Kementan, Agung Hendriadi mengungkapkan pasokan beras nasional masih cukup. Bahkan surplus beras tetap terjaga.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Secara faktual, Agung mengatakan bahwa hari ini Bulog memiliki stok beras sebesar 2,6 juta ton. Hal itu menurutnya masih akan ditambah hasil produksi pada bulan September 2018 sebesar 3,2 juta ton, Oktober 2,8 ton dan bulan November 2,8 ton.

Selain itu menurutnya, ada juga faktor panen raya yang diprediksi akan terjadi pada bulan Desember 2018 dan bulan Januari 2019 mendatang.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

"Kita masih panen terus. Sementara kebutuhan kita kan 2,5 juta ton per bulan, artinya masih surplus," kata Agung dalam sebuah diskusi di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Jakarta Selatan, Senin 24 September 2018.

Agung melanjutkan bahwa saat ini, pihaknya tengah memikirkan bagaimana agar cadangan beras 2,6 juta ton itu bisa terserap ke pasar dengan merata.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Saat ditanya mengenai kejelasan surplus beras tahun 2017 lalu sekitar 13 juta ton, Agung menjelaskan bahwa surplus beras itu saat ini sudah tersebar di sejumlah titik.

"Kelebihan itu ada di mana mana. Itu ada di Bulog, ada di penggilingan padi, di pedagang, di masyarakat. Sekarang saja di penggilingan padi ada 1,4 juta (ton)," ujar Agung. (ren)
 

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024