Pengin Traveling Terus, Ini Tips Nabungnya ala Backpacker

Ilustrasi Backpacker
Sumber :

VIVA – Saat ini liburan sudah menjadi suatu kebutuhan, terutama saat libur panjang tiba. Bahkan, anggaran terbatas pun sekarang ini bukan lagi sebuah hambatan bagi mereka untuk travelling, terutama para backpacker.

Backpacker ke 20 Negara, Siswa IDN Si Jago IT Berbagi Ilmu kepada Mahasiswa di Arab Saudi

Caranya? Mudah saja, yakni menyisihkan uang dengan benar alias menabung ala backpacker. Berikut tips menabung ala backpacker agar bisa terus travelling seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 26 September 2018:

1. Hindari menabung saat akhir bulan

Polisi Bongkar Kasus Haji Backpacker, Korban Dijanjikan Paket Furoda VIP

Jika Anda ingin tabungan cepat terkumpul, hindari menabung sisa gaji saat akhir bulan tiba. Sebaliknya, tabunglah minimal 15 persen atau 30 persen saat gajian untuk disisihkan langsung ke rekening tabungan.

Jika diterapkan secara rutin, rencana liburan yang sudah dibuat pun akan mudah terwujud. Agar Anda bisa menabung secara konsisten, tempelkan daftar tempat yang ingin dikunjungi saat liburan nanti.

Minister Encourages Service for Elderly-friendly Hajj, Backpacker Umrah

Ketika keinginan untuk hidup boros muncul, tempelan ini akan kembali menyadarkan atau mengingatkan Anda supaya tidak lupa untuk menabung.

2. Buat celengan untuk tabungan harian

Kesannya memang seperti anak-anak bila Anda menabung menggunakan celengan. Sadar atau tidak, cara ini sebenarnya paling ampuh untuk menumbuhkan minat menabung.

Ketika Anda melihat celengan ini di ruang kamar, maka hati akan tergerak untuk terus memasukkan uang ke dalamnya. Tak perlu banyak, cukup sisihkan Rp10 ribu atau Rp20 ribu per hari saja tanpa disadari hasilnya akan banyak, bukan?

3. Tinggalkan kebiasaan berfoya-foya

Mau tidak mau, Anda harus meninggalkan kebiasaan berfoya-foya jika ingin bisa terus travelling seperti halnya backpacker. Anda pun bisa menghitung berapa banyak uang yang telah terbuang secara cuma-cuma dari kebiasaan berfoya-foya tersebut.

Meninggalkan kebiasaan foya-foya bukan berarti harus hidup super hemat. Anda hanya perlu mengurangi sedikit demi sedikit, hingga akhirnya kebiasaan ini bisa hilang seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, kondisi finansial Anda pun akan menjadi lebih terkontrol.

4. Makan dengan menu sederhana yang penting sehat

Apakah Anda pernah menghitung jumlah uang yang sudah dihabiskan untuk makan siang dan malam di luar rumah? Tidak perlu diragukan lagi, jumlahnya pasti sangat besar. Padahal Anda bisa makan di rumah dengan menu yang sudah disiapkan sendiri dan sederhana.

Mengurangi kebiasaan makan di luar akan memangkas setidaknya 50 persen dari pengeluaran. Supaya lebih hemat lagi, makanlah dengan menu ala kadarnya. Tidak perlu harus memasak daging setiap hari. Karena menu tahu, tempe, telur, serta sayur saja sudah cukup enak dan mengenyangkan, kok.

5. Pisahkan pengeluaran sesuai jenisnya

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis pengeluaran. Ada pengeluaran untuk makan, transportasi, bayar cicilan, asuransi dan sebagainya. Tugas Anda adalah memisahkan seluruh pengeluaran ini menurut jenisnya. Gunanya agar Anda lebih mudah mengontrol pengeluaran setiap bulan.

Pengeluaran yang Anda pisahkan sebaiknya sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat. Apabila ada satu atau dua pengeluaran yang tidak tercantum di dalam anggaran, Anda bisa langsung mencoretnya agar keuangan lebih sehat.

Satu lagi, jangan suka bertindak seenaknya saat berbelanja, terutama saat papan diskon ada di depan mata untuk menghindari belanja berlebih.

6. Buatlah rekening tabungan khusus

Selain travelling, Anda pasti juga mempunyai rencana lain yang diharapkan dapat segera terwujud. Misalnya saja rencana beli rumah atau mobil baru. Agar tabungan tidak campur aduk, sebaiknya buatkan rekening tabungan khusus untuk setiap daftar kebutuhan Anda.

Pemisahan rekening akan memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah yang sudah terkumpul pada masing-masing rekening tabungan. Idealnya bila rencana untuk mewujudkannya hampir tiba, Anda tahu memikirkan cara yang tepat agar uang dapat terkumpul sesuai jumlah yang ditetapkan.

7. Rajinlah cari promo tiket murah

Tidak hanya backpacker, tetapi semua orang juga menerapkan hal ini bila ingin mengurangi anggaran saat liburan nanti. Cara ini juga berlaku untuk Anda tentunya.

Luangkan sedikit waktu untuk mengintip promo-promo liburan murah yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan atau situs penyedia jasa penjualan tiket pesawat. Promo yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung.

Untuk destinasi liburan ke luar negeri, Anda bisa mendapat potongan tunai hingga ratusan bahkan jutaan rupiah. Tentu saja, ini akan membantu untuk memangkas biaya liburan, bukan? Anda pun dapat menggunakan uang ini untuk membiayai kebutuhan liburan yang lain seperti penginapan dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya