Pesan Jonan ke Pegawai di Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-73

Menteri ESDM Ignasius Jonan di Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-73.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar peringatan hari jadi Pertambangan dan Energi ke-73 hari ini, Jumat 28 September 2018. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat Kementerian dan sejumlah pemangku kepentingan di sektor ESDM.

Hendi Prio Santoso Bawa MIND ID Fokus Menjadi Strategic Holding Industri Pertambangan

Pantauan VIVA, hadir Menteri ESDM Ignasius Jonan, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng. Kemudian, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyani.

Selain itu, juga tampak Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

Hendi Prio Santoso Dukung Perbanyak Demo Kendaraan Listrik

Dalam sambutannya, Jonan tak banyak bicara. Ia kemudian memutar sebuah video yang menggambarkan apa yang telah dilakukan Kementerian ESDM selama empat tahun belakangan yang menunjukkan bahwa pemerintah saat ini meneruskan perjuangan pemerintah terdahulu.

Ia pun berharap ada refleksi atau pun masukan untuk perbaikan ke depan. Kepada pegawai Kementerian ESDM, Jonan berpesan untuk tidak terlalu banyak mengurusi diri sendiri.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

"Kalau dulu sumpahnya kan bukan ngurusi diri sendiri," ujar Jonan.

Ia menjabarkan, mengurusi diri sendiri tidak ada habisnya. Sejak umur 25 tahun misalnya fokus sekolah dan terus meningkatkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Habis sekolah tiap tahun mikirin gimana sekolah lagi. Terus sampai umur 40-50 setelah jadi direktur, sudah capek, ya terus mikirin mantu. Nah itu enggak pernah ngurusin rakyat," kata Mantan Menteri Perhubungan itu.

Untuk itu, Jonan menegaskan bahwa mulai sekarang seluruh pegawai Kementerian ESDM dapat mengurus pekerjaan sesuai sumpah yang disebutkan.

"Saya bilang mulai sekarang itu harus mengurusi pekerjaannya sesuai dengan sumpah yang disebutkan. Itu saja dari saya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya