Tahir Lapor BI Tukar Dolar Lebih dari Rp2 Triliun

Bos Mayapada Dato Sri Tahir.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – Bos Mayapada Group, Dato Sri Tahir, melaporkan langsung bukti penukaran mata uang dolarnya ke rupiah kepada Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Sebanyak US$93 juta dan SG$55 juta dolar Singapura, yang merupakan aset pribadi pun telah dikonversi Tahir ke dalam mata uang rupiah. Total mencapai sekitar Rp2 triliun.

"Kami berikan bukti ke Bapak Gubernur bahwa dalam minggu yang lalu, total kita telah menggantikan dolar US$93 juta, plus SG$55 juta dolar Singapura. Ini pribadi, tidak ada kaitan dengan korporasi," kata Tahir di Gedung BI, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 15 Oktober 2018.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Saat ditanya kenapa, hal ini baru dilakukannya sekarang, Tahir pun menegaskan bahwa tidak ada kata terlambat untuk membantu memperkuat perekonomian nasional.

Mengenai tujuan penggunaan rupiah yang ditukarkannya itu, Tahir pun mengaku Bank Mayapada lah yang akan menerima rupiah tersebut dalam bentuk right issue.

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

"Uangnya nanti kita setorkan untuk Bank Mayapada, untuk memperkuat permodalan perbankan," kata Tahir.

Tahir berharap, langkahnya ini diharapkan bisa membantu memperkuat posisi mata uang rupiah terhadap dolar, yang posisinya kerap melemah beberapa waktu belakangan.

"Kita kalau setor modal bisa rupiah dan dolar. Tetapi, sekarang kita tahu bahwa rupiah ini dalam keadaan masih mencari posisi yang terbaik. Sebagai seorang warga negara, kebetulan kita juga sudah lakukan tax amnesty. Jadi, saya pikir daripada ditaruh di luar negeri, kembalikan ke sini dulu aja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya