Tahir Ajak Pengusaha RI Jual Dolar AS Pribadi, Bukan Punya Perusahaan

Dr. Tahir, pendiri Tahir Foundation.
Sumber :
  • http://www.philanthropyage.org

VIVA – Chief Executive Officer Mayapada Group, Dato Sri Tahir mengatakan, meskipun nilai tukar rupiah cenderung terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat, kondisi perekonomian nasional masih menunjukkan optimisme.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Dia, bahkan menilai, stabilitas ekonomi nasional dalam empat tahun terakhir cukup terjaga. Pertumbuhannya pu,n mendapat apresiasi dari berbagai lembaga internasional.

"Saya optimis terhadap ekonomi Indonesia. Kami di bawah Pak Presiden (Jokowi) selama empat tahun ini cukup bagus sekali, stabil semua," kata Tahir di Gedung BI, Jakarta, Senin 15 Oktober 2018.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

"Rating dari luar negeri juga mengatakan baik, invesment opportunity di sini juga kondusif dan banyak (modal) asing masuk," ujarnya menambahkan.

Karena itu, Tahir mengimbau kepada para pengusaha lain, agar bisa mentransfer deposit pribadinya dan menukarkannya ke dalam mata uang rupiah. 

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

"Bukan korporasinya, karena korporasi itu di bawah Ibu Sri Mulyani (menkeu) ya, yang eksportir itu," kata Tahir.

Tahir menilai, penukaran aset dolar di luar negeri menjadi rupiah dan memasukkannya ke dalam negeri, merupakan perkara yang seharusnya diwajibkan pemerintah kepada para pengusaha dan eksportir. Sebab, langkah itu dapat mendongkrak perekonomian nasional, terutama dalam hal mengatasi defisit neraca perdagangan.

"Jadi, memang saya kira seharusnya wajib juga bagi para deposan yang punya uang di luar negeri untuk dipindahkan ke Indonesia," kata Tahir.

Selain seruan tukar dolar AS, Tahir mengaku sedang mengumpulkan para pengusaha untuk bersama-sama mengumpulkan dana risiko bencana. Target hingga mencapai Rp2 triliun.

Untuk memulainya, Tahir mengaku akan menyumbangkan dana filantropisnya lebih dulu melalui Tahir Foundation, dengan nilai mencapai Rp100 miliar untuk program ini.

Tahir menjelaskan, dana ini nantinya akan dialokasikan sebagai dana tanggap darurat bencana. Dalam rangka membantu program pemerintah untuk penanganan bencana alam di sejumlah daerah.

"Untuk Palu, Lombok, apapun. Nanti, bisa jadi satu full fund untuk mendukung pemerintah. Kapan pun kita siap," kata Tahir.

Karenanya, Tahir berharap, nantinya akan banyak pengusaha yang turut berperan serta dalam program yang digadang pihaknya ini. Sehingga, nantinya akan ada sumber pendanaan lain dari anggaran yang dimiliki pemerintah, dalam upaya-upaya penanganan dan evakuasi para korban bencana alam tersebut.

"Siapa saja, pokoknya pengusaha lokal semua. (Kalau soal nama-namanya) belum tahu, lagi mikir nih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya