Nyamannya Bus Listrik Kolaborasi Bakrie dan BYD

Wakil Direktur Utama Bakrie & Brothers, A. Ardiansyah Bakrie
Sumber :
  • VIVA.co.id / Purna Karyanto Musafirian

VIVA – PT Bakrie and Brothers resmi memperkenalkan bus listrik terbarunya yang bekerjasama dengan perusahaan asal China BYD. Bus ini baru dipakai pada pagelaran pertemuan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali.

Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ungkap Makna Nama WHOOSH: Tercepat di Asia Tenggara

Wakil Presiden Direktur PT Bakrie and Brothers, Anindra Ardiansyah Bakrie mengatakan bus yang saat ini diimpor oleh perusahaannya adalah salah satu bentuk pengenalan usaha yang akan dilakukan bertahap hingga 2022.

Menurut dia, bus listrik milik perseroannya cukup nyaman jika ditumpangi sejumlah penumpang. Di mana saat bus tersebut berjalan suaranya tidak terdengar atau sangat tenang di kuping penumpang.

Kereta Cepat Jakarta Bandung Resmi Beroperasi, Jokowi: Tanda Modernisasi Tranportasi Massal

"Saya tadi coba nyari bunyi mesinnya dan memang enggak keluar, nyaman dan asik buat penumpang," jelas Ardi panggilan akrabnya kepada VIVA, di Jimbaran, Bali, Senin 15 Oktober 2018.

Ardi mengungkapkan, bahwa bus listrik yang sekarang menjadi fokus bisnis perusahaannya sangat direkomendasi untuk menjadi angkutan massal perkotaan. Terlebih, bangku penumpang yang disediakan sangat nyaman.

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

"Bangkunya sangat enak untuk ukuran badan seperti saya, pas sekali. Tapi pasti kalau lebih dikit lebih enak lagi," ujarnya berkelakar.

Wakil Direktur Utama Bakrie & Brothers, A. Ardiansyah Bakrie

Ia mengungkapkan, untuk bus listrik ini Bakrie and Brothers sengaja melakukan kerja sama dengan perusahaan China BYD. Sebab, perusahaan ini sudah memiliki rekomendasi di dunia, dimana BYD telah menyuplai bus listrik ke hampir 50 negara.

"Jadi yang selama ini bilang Bakrie anti China itu tidak betul, kita justru kerja sama sekarang dengan China, karena memang perusahaan ini bagus," ujarnya.

Adapun untuk spesifikasi bus listrik yang didatangkan ke Indonesia tersebut ada dua tipe yaitu C6 dan K9. Dimana untuk C6 adalah bus yang cukup spesial dengan 18 penumpang saja.

Sedangkan, untuk tipe K9 adalah bus listrik besar yang cocok untuk transportasi massal di kota-kota besar di Indonesia, dengan 33 penumpang duduk dan 18 penumpang berdiri.

Untuk keandalannya, bus ini bisa mencapai kecepatan hingga 120 km per jam. Dengan satu kali pengisian baterai selama empat jam dapat menempuh jarak 250 kilometer hingga 400 kilometer. Bus ini ada kendaraan ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya