Ambisi Tommy Soeharto Perlebar Jaringan Goro Hingga Tingkat Kelurahan

Tommy Soeharto resmikan multigrosir Goro.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – Lesunya industri ritel konvensional yang digempur e-Commerce tak bisa meredam salah satu pusat grosir tertua di Indonesia, Goro, untuk bangkit kembali. Bahkan, Goro mengklaim menjadi solusi bagi konsumennya, bagi yang berasal dari petani, Usaha Kecil Menengah maupun masyarakat.

DJKN Bakal Lelang Ulang Aset Tommy Soeharto yang Tak Laku-Laku Dijual, Harga Disesuaikan

Sebab, Goro menjadikan petani, pedagang buah, pengrajin, dan berbagai sektor produksi lainnya sebagai mitra. Sehingga, Goro diharapkan akan menjadi sebuah ekosistem bisnis yang bagus antara petani, pedagang dan pengrajin sebagai produsen, dan masyarakat selaku konsumennya.

"Meskipun sekarang bisnis ritel lagi lesu, tetapi kami enggak akan khawatir," kata Komisaris Utama PT Berkarya Makmur Sejahtera, Hutomo Mandala Putra atau Tommy di kawasan Cibubur, Jawa Barat, Rabu 17 Oktober 2018.

Aset Tommy Soeharto Tak Kunjung Laku, Ketua Satgas BLBI Putar Otak

Karenanya, guna memperluas jangkauan pasar dan menjembatani antara produsen dan konsumen di seluruh wilayah Indonesia, Tommy menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan ekspansi untuk membuka toko Goro di seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

"Ekspansinya nanti, harapannya toko UKM ini ada di tiap kabupaten atau kota satu toko. Kemudian, dari UKM Goro itu akan buat gerobak-gerobak, dan dia akan mengarah ke setiap kelurahan di daerah masing-masing," ungkapnya.

Eks Sekjen Partai Tommy Soeharto Gabung PAN setelah Lima Kali Dirayu Zulkifli Hasan

Tommy menjelaskan, meskipun saat ini Goro pusat multigrosir baru ada di Cibubur dan satu toko Goro lainnya di wilayah Bandung. Saat ini sudah ada 100 UKM yang siap bergabung untuk menjadi toko Goro di Daerah Jawa tengah.

"Mereka sudah berjualan, tinggal rebranding. Kemudian di Jabar banyak yang sudah mau gabung, makanya nanti akan ada pelatihan tanggal 1 November, untuk merekrut berapa toko lagi yang akan dibangun segera," ujarnya.

Lebih lanjut, Tommy mengatakan, multigrosir Goro di Cibubur ini menargetkan penanganan konsumen untuk kawasan Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. 

"Nantinya, kalau sudah berkembang, setiap provinsi punya multigrosir sendiri," kata Tommy.

Saat ditanya terobosan apa yang membedakan Goro saat ini dengan yang sebelumnya, Tommy pun mengatakan bahwa nantinya Goro ini akan menggunakan sistem online sebagai salah satu layanan transaksinya.

"Tentu, (sistem online) itu bedanya. Kita akan gunakan sistem yang semuanya menggunakan aplikasi smartphone, dan tentunya akan membuat kita jadi lebih baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya