Logo ABC

Perang Dagang, Pemasok Apple Pindah Operasi dari China ke Vietnam

China adalah pembuat produk Apple terbesar namun terancam karena adanya perang dagang antara AS dan China.
China adalah pembuat produk Apple terbesar namun terancam karena adanya perang dagang antara AS dan China.
Sumber :
  • abc

Perusahaan China yang merakit AirPods Apple akan memindahkan lokasi produksinya dari China ke Vietnam karena perang dagang antara China-AS meningkat menyusul keputusan AS menerapkan tarif lebih tinggi terhadap sekitar $250 miliar barang-barang dari China.

Menurut laporan harian ekonomi Jepang Nikkei Asia Review, awal Oktober ini, GoerTek, sebuah perusahaan yang berbasis di provinsi Shandong (China) meminta kepada seluruh pemasoknya dalam membuat AirPod untuk mengapalkan seluruh komponen langsung ke Vietnam.

Dampak perang dagang
- Perusahaan yang beroperasi di China mengatakan perang dagang menyebabkan keuntungan berkurang
- Perusahaan Taiwan dan Jepang mulai meninggalkan China
- China mulai beralih ke manufaktur teknologi tinggi sebagai bagian dari Made in China 2025


ABC sudah mendapatkan laporan semi tahunan Goertek untuk tahun 2018 dimana presiden komisaris perusahaan tersebut Jiang Bin mengatakan keuntungan bersih perusahaannya turun 38,11 persen tahun ini turun sekitar $AUD 140 juta dibandingkan keuntungan tahun sebelumnya.

"Karena faktor makro ekonomi - seperti fluktuasi pasar dunia dan juga perang dagang AS-China, operasi dan manajemen perusahaan menjadi lebih sulit." kata Jiang dalam laporan tersebut.

Ini terjadi meski Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa tarif untuk produk teknologi tinggi seperti AirPod tidak termasuk dalam kenaikan tarif yang diumumkan akhir September.

Hari Selasa, GoerTek juga mengumumkan rencana untuk menanamkan modal $AUD 200 juta untuk memproduksi drone dan headphone pintar di Nanning di China selatan, yang lebih dekat dengan lokasi perusahaan di Vietnam sehingga pengiriman barang antar kedua lokasi lebih mudah dilakukan.