Sukses Investasi ala Milenial, Begini Hitung-hitungannya

VIVA Talk Investasi Jaman Now
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Generasi milenial memiliki kebiasaan yang cenderung bersifat konsumtif. Pendapatan yang diperolehnya kerap digunakan untuk bersenang-senang dan konsumtif. 

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Investor muda dan motivator, Jonnathan Jordian mengatakan, milenial perlu merencanakan masa depan agar di hari tua bisa semakin sejahtera. Strategi bagi milenial yang paling penting untuk investasi adalah manajemen keuangan. 

"Dari 100 persen income, alokasikan 50 persen untuk kebutuhan. Kemudian, sisihkan 20 persen untuk investasi yang tidak boleh dikeluarkan sama sekali untuk hal yang lain," ujar Jonnathan dalam acara VIVA Talk 'Investasi Jaman Now' di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018. 

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Sementara itu, sisanya, Jonnathan melanjutkan, sebesar 10 persen bisa dialokasikan untuk investasi dengan risiko volatilitas yang tinggi. Selanjutnya, 10 persen lagi bisa digunakan untuk menyalurkan hobi. 

"10 persen sisanya lagi bisa buat amal," ujar pria berusia 22 tahun tersebut. 

Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

Selama menjadi investor di pasar modal, ia mengaku terus mempelajari seluk beluk strategi untuk menanamkan investasinya. Menurutnya, menabung penting, namun banyak kaum milenial yang belum menyadari manfaatnya.

"Jangan sekali-kali menyebut kita orang berpendidikan, jika menabung saja tidak bisa," ucap dia.

Analisis Pengaruh Tentang COVID-19 Terhadap Harga Saham

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Saham merupakan salah satu opsi investasi yang diminati di Indonesia, khususnya saham blue chip. Saham ini menjadi incaran banyak orang karena bisa untuk jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024