JK Minta Uni Eropa Perkuat Kerja Sama dengan Asia Ketimbang AS

Wapres Jusuf Kalla
Sumber :
  • Viva.co.id/Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta negara-negara Uni Eropa untuk memperkuat kerja sama perdagangan mereka dengan negara-negara Asia ketimbang Amerika Serikat (AS).

BPS Sebut Seruan Boikot Produk Israel Tidak Signifikan Pengaruhi Kinerja Perdagangan

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan bilateral antara JK dan Komisioner Uni Eropa Frans Timmermans di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Eropa (The Asia-Europe Meeting/ASEM) ke-12 di Brussels, Belgia.

"Dalam situasi begini, Asia dan Eropa, harus bekerja sama," ujar JK di lokasi pertemuan, Gedung Berlaymont, dikutip dari keterangan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) yang diterima pada Jumat, 19 Oktober 2018.

Bea Cukai Dukung Perdagangan Internasional Melalui Program AEO

Menurut JK, saat ini, kerja sama perdagangan dengan AS dinilai tidak sesederhana sebelumnya, juga tak jarang malah bisa memberatkan negara yang menjalin kerja sama. Pasalnya, melalui kebijakan proteksionisme, Presiden Donald Trump merasa sedang melindungi kepentingan dalam negeri AS.

"Amerika sendiri kan sulit diterka, uncertain, terlalu banyak ketentuan. Eropa juga mengalami kesulitan yang sama (dalam bekerja sama dengan AS)," ujar JK.

Gencarkan Perdagangan Internasional, Bea Cukai Bahas Skema Ketentuan ATIGA

JK menyampaikan, sejumlah hal juga telah dilakukan supaya kerja sama antara negara-negara Asia dan Uni Eropa lebih ditingkatkan. Indonesia sendiri saat ini telah memasuki perundingan putaran keenam pembentukan CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) dengan Uni Eropa.

Rampungnya kesepakatan seperti itu akan menjadi dasar kerja sama perdagangan yang masif antara Indonesia, juga negara-negara Asia lain dengan Uni Eropa.

"Kita memang harus berbicara mengenai bagaimana hubungan Eropa ini lebih baik dilakukan dengan Asia saja ini," ujar JK. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya