Bandara Kertajati Buka Rute Semarang dan Bandar Lampung

Landasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka membuka rute penerbangan baru, yaitu Kertajati-Semarang dan Kertajati-Bandar Lampung dengan maskapai Transnusa. Dua rute pulang pergi ini direncanakan mulai beroperasi awal November 2018 mendatang.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Direktur Utama BIJB, Virda Dimas Ekaputra mengaku pemberlakuan dia rute ini merupakan permintaan konsumen dan potensi pasar layanan penerbangan ke wilayah tengah dan barat di Indonesia yang masih menggiurkan. Bahkan, pihaknya membidik rute Kertajati-Yogyakarta setelah Semarang.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik ke depannya, baik itu untuk BIJB dan Transnusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," ujar Virda di Bandung Jawa Barat, Jumat 19 Oktober 2018.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Menurut Virda, pemberlakuan rute Kertajati-Bandar Lampung juga ditargetkan akan menjadi rute perintis lainnya di Pulau Sumatera, seperti rute ke Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh dan Batam.

Layanan rute KJT (Kertajati)-TKG (Bandar Lampung) dibuka pukul 06:30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sedangkan dari Bandar Lampung dibuka pukul 07:50 WIB. Untuk Kertajati-Semarang, penerbangan dibuka pukul 09:10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09:55 WIB.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Sedangkan untuk penerbangan Semarang menuju Kertajati dibuka pukul 17:25 WIB dan tiba pukul 18:10 WIB. "Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat,"  kata Virda.

Rute lainnya yang saat ini dibidik di antaranya, Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan untuk rute internasional tujuan Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Jepang. "Kita targetkan diawal pengoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati,"  lanjut dia. (ren)

Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024