Sri Mulyani Dicecar Soal Utang oleh Anak SD

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Kiri)
Sumber :
  • Akun Facebook Kemenkeu RI

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi beserta jajaran pejabat eselon I, menjadi guru dadakan di SD Kenari 07, Jakarta Pusat pagi tadi. 

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Sejumlah pertanyaan pun dilontarkan oleh para murid, salah satunya mengapa Indonesia masih memiliki utang. Padahal RI dikatakan merupakan negara yang kaya. 

"Untuk membantu ekonomi," jawab Sri di SD Kenari, Jakarta Pusat Senin 22 Oktober 2018. 

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Sri pun menjelaskan, utang diperlukan untuk menutupi kekurangan penerimaan negara, salah satunya dari pajak. Sebab, saat ini belum semua warga Indonesia yang patuh bayar pajak. 

Mendengar penjelasan tersebut, Sri kembali ditanya, mengapa untuk membayar utang, RI tidak menyetak uang yang banyak. Sri pun menjelaskan, cetak uang kebanyakan punya dampak negatif bagi ekonomi Indonesia.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

"Inflasi harganya tinggi, rupiah kita enggak berharga karena kebanyakan. Dipakai bayar utang akhirnya rupiahnya uang di ekonomi kebanyakan," tambahnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, utang di suatu negara merupakan hal yang wajar, Indonesia pun memberi utang kepada negara lain. Namun, dia menegaskan utang itu harus dikelola dengan baik. 

"Sangat bisa banyak orang Indonesia beli surat berharga dari negara lain. (Utang) ini cukup banyak dan cair di antara masing-masing negara," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya