BPK: Tak Ada Proyek Infrastruktur Periode 2015-2017 yang Mangkrak

Rizal Djalil
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan

VIVA – Badan Pemeriksa Keuangan mengklarifikasi pemberitaan dari sebuah media online, yang memberitakan soal kebocoran dana pembangunan infrastruktur di masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Anggota IV BPK, Rizal Djalil menegaskan, pihaknya tidak pernah membuat pernyataan seperti yang disampaikan dalam judul maupun isi pemberitaan di media online itu pada tanggal 19 Oktober 2018 kemarin.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah merealisasikan belanja infrastruktur tahun 2015-2017, seluruhnya sebesar Rp289,93 triliun dan tidak ditemukan adanya infrastruktur yang mangkrak," kata Rizal di kantornya, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin 22 Oktober 2018.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Rizal menambahkan, BPK mengapresiasi semua program yang telah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, termasuk pembangunan fasilitas Asian Games yang dapat diselesaikan dalam waktu terbatas sehingga bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya tersebut.

"Saat ini Kementerian PUPR di samping mengerjakan program APBN tahun 2018, juga sedang fokus menyelesaikan program rehabilitasi atas dampak bencana gempa di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah," kata Rizal.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Sementara untuk anggaran belanja infrastruktur tahun 2018, lanjut Rizal, BPK belum melakukan pemeriksaan karena kegiatan masih berlangsung dan pemeriksaan yang dimaksud itu baru akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

"Pemeriksaan (dilakukan) setelah program selesai, dan laporan masuk (bulan) Februari 2019. Jadi Maret, April, Mei baru kita periksa," ujarnya. (ren)

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022