Menteri Basuki Klaim Hampir 1.000 Km Tol Sudah Dibangun dalam 4 Tahun

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Zabur Karuru

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sudah hampir 1.000 km jalan tol yang selesai dibangun. 

Ketika Jokowi Goda Menteri Basuki Saat Kemah di IKN

Konektivitas infrastruktur, baik jalan hingga jembatan, menjadi salah satu poin utama yang akan dikembangkan pemerintah. 

"Pada 2018 itu baru dioperasikan ada 941 Km jalan tol. Nanti dalam waktu dekat akan diresmikan (di ruas) Pejagan Pemalang, Sragen-Ngawi sudah siap sudah layak fungsi, tinggal nunggu jadwal presiden," ujar Basuki di Gedung Sekretariat Negara Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018. 

PUPR Pacu Pembangunan Infrastruktur Food Estate Humbang Hasundutan

Dengan demikian, Basuki menegaskan bahwa sampai akhir 2018 akan lebih dari 1.000 km tol yang akan terbangun. Sebab, ada sekitar 13 ruas tol sepanjang 473 km lagi yang akan diresmikan hingga akhir tahun. 

"Sekarang sampai 1.000 km, nanti 2019 akan sampai 1.852 km," imbuh Basuki. 

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Basuki menambahkan, pada 2018 ini tol Trans Sumatera akan tersambung sampai Palembang dan optimis dapat beroperasi di tahun ini. 

"Kalau yang Trans Sumatera sampai Palembang. Tapi kalau yang sampai Medan kan waktu itu saya enggak janji. Tapi kalau Palembang Insya Allah bisa," tambahnya. 

Tak hanya itu, Basuki melanjutkan, pihaknya juga telah membangun 3.432 km jalan nasional. Selain itu, jembatan yang sudah dibangun hingga saat ini sepanjang 39,8 km dan jembatan gantung sebanyak 134 unit. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya