Guru Honorer Usia di Atas 35 Tahun Bisa Jadi Pegawai Pemerintah

MenPan RB Syafruddin.
Sumber :
  • Daru Waskita/ VIVA.co.id.

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin meminta bagi guru honorer yang usianya lebih 35 tahun dan tidak bisa mengikuti tes CPNS untuk tidak perlu risau. Sebab, ada kemungkinan lain yang bisa dilakukan sehingga dia bisa menjadi pegawai pemerintahan.

Miris! Gaji Guru Honorer Rp 150 Sebulan, Warganet: Gimana Bisa Hidup

Dia mengatakan,  pihaknya akan memberikan kesempatan untuk mereka menjadi pegawai pemerintah dengan mengikuti tes P3K atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"Itu solusi yang kita tawarkan dan PP (Peraturan Pemerintah)nya sudah diajukan dan sebentar lagi akan turun," katanya di Yogyakarta, Selasa 23 Oktober 2018.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Sedangkan untuk tes P3K kata Syafruddin akan secepatnya digelar setelah tes CPNS. "Kan PP-nya sudah ada dan secepatnya akan digelar tes P3K," ucapnya.

Mantan Wakapolri ini juga mengatakan, untuk tes CPNS tahun 2018 orientasinya untuk guru 115 ribu dan kesehatan 60 ribu. Sedangkan, beberapa formasi yang masih sedikit peminatnya akan ada penyesuaian oleh BKN sebagai leading sektor.

Tenaga Honorer Dipastikan Tak Akan Dapat THR 2024

"Tapi yang jelas pendaftar sudah di atas tiga juga dan memang orientasi tes CPNS tahun ini untuk guru dan tenaga kesehatan," tuturnya.

Terkait dengan kesiapan tes CPNS, perwira tinggi polisi bintang tiga ini sudah siap untuk melaksanakan karena tes CPNS sudah pernah digelar dan untuk tahun ini akan ada tambahan pengawas dari personel kepolisian.

"Kita libatkan polisi sebagai pengawas mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak perjokian," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya