Enam Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Terbaik di Dunia

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • www.mandiri-capital.co.id

VIVA – Enam perusahaan asal Indonesia masuk daftar Forbes Global 2000: World Best Employers, atau perusahaan terbaik di dunia. Empat dari enam perusahaan itu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Keren! Adaro Masuk Daftar Tempat Kerja Terbaik di Dunia Versi Forbes 2023

Dikutip VIVA dari data Forbes, Rabu 24 Oktober 2018, empat BUMN itu adalah Bank Mandiri, Telkom Indonesia, Bank Negara Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia. Sedangkan dua lainnya dari swasta, yaitu Bank Central Asia dan Gudang Garam, 

Dalam daftar yang dirilis pada 10 Oktober lalu tersebut, Bank Mandiri menduduki peringkat 11 dunia dengan kapitalisasi pasar US$21,1 miliar dan pegawai sekitar 38.307 orang. 

Sosok Cucu Luhut, Faye Simanjuntak yang Masuk Forbes 30 Under 30

Posisi kedua ditempati oleh Bank Central Asia yang berada di peringkat 32 daftar tersebut. Bank yang dipimpin oleh Jahja Setiaatmadja ini memiliki kapitalisasi pasar US$40 miliar dengan pegawai 26.962 orang. 

Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh Gudang Garam yang dalam ranking tersebut ada di urutan 109. Raksasa produsen rokok asal Kediri tersebut memiliki kapitasisasi pasar sebesar US$9,7 miliar dengan pekerja sebanyak 35.272 orang. 

Para Dokter dan Ilmuwan Diklaim Jadi Miliarder Berkat Pandemi

Selanjutnya, Telkom Indonesia yang berada di posisi 112 merupakan perusahaan RI keempat yang ada di daftar tersebut. Telkom diketahui memiliki kaptalisasi pasar sebesar US$25 miliar dengan jumlah pekerja sebanyak 24.056 orang.

Sedangkan, BNI menempati peringkat 157 dengan kapitalisasi pasar US$11,1 miliar dan 27.803 pegawai. Serta BRI di posisi 186 dengan pegawai 60.683 orang dan kapitalisasi pasar senilai US$9,3 miliar. 

Dalam daftar tersebut, 10 perusahaan internasional yang menempati rangking tertinggi secara berurutan yaitu Alphabet, Microsoft, Apple, Walt Disney, Amazon, CNOOC, Daimler, Kasikornbank, Celgene dan BMW Group. 

Laporan tersebut menjelaskan apa yang menjadikan Alphabet sebagai perusahaan terbaik di dunia? Alasannya induk perusahaan Google tersebut mendapatkan skor yang sempurna. Baik dari sisi manajemen perusahaan, pendapatan, kondisi dan lingkungan tempat kerja serta keberagaman pegawai yang dimilikinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya