Skema Dana Kelurahan, Kemenkeu dan Kemendagri Masih Mematangkan

Prof Ahmad Erani Yustika
Sumber :
  • twitter

VIVA – Skema penyaluran dana kelurahan yang sudah dicanangkan pemerintah, untuk dilaksanakan pada awal 2019, masih dalam pembahasan.

Buka Beasiswa LPDP 2022, Menkeu Minta Pengelola Dana Abadi Transparan

Staf Ahli Kepresidenan Bidang Ekonomi, Ahmad Erani Yustika mengatakan, pemerintah sedang membangun skema penyaluran dana kelurahan.

"Saat ini, pemerintah dan DPR sedang melakukan proses untuk membangun skema penyaluran dana kelurahan. Kalau itu sudah selesai dan ada aturan yang definitif, pemerintah tahun depan bisa salurkan dana kelurahan dengan aturan yang jelas," ucap Erani di Politeknik Statistika, Jakarta Timur, Kamis 25 Oktober 2018.

Sri Mulyani: Subsidi Jadi Belanja APBN Terbesar pada Januari 2022

Lebih lanjut, Erani mengatakan, pihaknya masih membahas formulasi dana kelurahan bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri. 

Nantinya, pemerintah akan ada membuat mekanisme penyaluran dan mekanisme pemanfaatan dana kelurahan.

Jokowi Bahas Tiga Isu Utama APBN 2023 di Sidang Kabinet Paripurna

"Seperti dana desa, pasti akan ada skema yang dibangun pemerintah mulai dari mekanisme penyaluran, mekanisme pemanfaatkan dana kelurahan sampai skema pengawasan. Nanti, akan dibangun oleh pemerintah," tutur Erani. (asp)

Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock

Yuk Simak! Keberlanjutan Pemulihan Ekonomi Nasional 2022

Pandemi di Indonesia belum berakhir. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pemerintah untuk menangani dampak ekonomi ialah Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2022